TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP RENDAHNYA PERAN SEKOLAH MENGENAI KASUS PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Sekar Kinasih, Meta Nabila Aziz, Difanny Difanny, Puspita Chairun Nisa

Abstract


Maraknya kasus perundungan yang terjadi di sekolah masih sering terdengar. Kurangnya edukasi dari pihak sekolah terkait perundungan kepada siswa menjadi alasan kasus ini masih sering terjadi, dimana masih banyak oknum guru yang menganggapnya sepele. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana sudut pandang masyarakat mengenai kurangnya peran sekolah terhadap kasus perundungan yang terjadi dilingkungan sekolah. Metode yang peneliti gunakan pada penilitian ini adalah kualitatif deskriptif agar memperoleh informasi yang nyata tentang tanggapan dari sudut pandang responden.

 

 Kata Kunci: Perundungan, sekolah, masyarakat

 


References


(Sitasari, 2017)Intervensi, J., & Jisp, P. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976

Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4204

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1), 55. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980

Muntasiroh, L. (2019). Jenis-Jenis Bullying Dan Penanganannya Di Sd N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 106. https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2983

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.237-246

Sitasari, N. W. (2017). Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jenis Kelamin Jurnal Psikologi, 15, 40. www.sampoernafoundation.com

Tang, I., Supraha, W., & Rahman, I. K. (2020). Upaya mengatasinya perilaku perundungan pada usia remaja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(2), 93. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.3804

Wardani, K. T. P. A., & Anjasmoro, A. (2022). Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri Anak. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 2(2). https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v2i2.1501

Yandri, H. (2014). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1). https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155

ZAKIYAH, E. Z., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352

(Tang et al., 2020)

(Muntasiroh, 2019)

(Junindra et al., 2022)

(ZAKIYAH et al., 2017)

(Intervensi & Jisp, 2021)

(Wardani & Anjasmoro, 2022)

(Yandri, 2014)

(Kartika et al., 2019)

(Rahayu & Permana, 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.