MEMBANGUN GENERASI UNGGUL DENGAN MENGATASI PERUNDUNGAN DI KALANGAN MAHASISWA
Abstract
Generasi unggul diartikan sebagai generasi yang memiliki kecerdasan dan kreativitas, serta karakter yang baik yang berdampak positif bagi dirinya sendiri dan lingkungan sekitar. Namun, terdapat beberapa fenomena dalam terbentuknya generasi unggul, salah satunya ialah perundungan atau bullying. Perundungan adalah suatu tindakan kekerasan yang dilakukan seseorang atau sekelompok, baik secara fisik maupun non-fisik yang dilakukan secara sengaja untuk menyakiti atau merendahkan orang lain. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti melakukan sebuah penelitian di salah satu instansi pendidikan, yaitu universitas. Penelitian akan dilaksanakan di Universitas Esa Unggul dan beberapa universitas lainnya melalui pengisian kuesioner yang akan diberikan peneliti kepada mahasiswa dan dosen. Hasil yang diharapkan dari penelitian tersebut ialah dapat membantu mengetahui peranan mahasiswa dan dosen dalam meminimalisir atau meniadakan perundungan di lingkungan universitas.
Kata kunci : perundungan, instansi, universitas, questioner, mahasiswa, dosen
References
Akhtar, Aryan Jalu, Amanda Putri A, Aysa Rachma R, Diska Setyana Tri A, Farida Sabillah, and Novia Khoirun Nisak. Laporan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P 5) : “PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL.” Ria S, 08 Feb 2023, 2023.
Evrin, Siagian. “AKU GENERASI UNGGUL KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA.” academia.edu, n.d. https://www.academia.edu/3438685 7/AKU_GENERASI_UNGGUL_K EBANGGAAN_BANGSA_INDONESIAtu.
Fatihah, Nurul. “Proposal Penelitian Bahasa Indonesia ‘Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja’” (2022). https://www.studocu.com/id/docum ent/smk-negeri-1-batam/bahasa-
indonesia/proposal- penelitian/61634653.
Heizer, Jay, and Barry Render. “Operations Management / Jay Heizer, Barry Render.” New Jersey : Pearson Education, 2004.
M.A., Dr. Drs. H.Rifa’i Abubakar. “PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.” SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. Last modified 2021. https://digilib.uin- suka.ac.id/id/eprint/42716/1/PENG ANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf.
Olweus, Dan. “Bully/Victim Problems in School: Facts and Intervention.” European Journal of Psychology of Education Vol. 12, N, no. SPECIAL ISSUE: CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS (1997): 16.
https://www.jstor.org/stable/234202 86.
Sari, Anisa Intan Permata. “PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV YANG MENGALAMI BULLYING DI TK Dan SD MODEL SLEMAN” (2019). https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/15424/08naskahpublikasi.pdf?sequence=12.
Solimun, Armanu, and Adji Achmad Rinaldo Fernandes. “METODOLOGI PENELITIAN KUANTITAIF PERSPEKTIF SISTEM ‘Mengungkap Novelty & Memenuhi Validitas Penelitian.’” Malang: UB Press, 2018.
Subandriyo, Mohammad. LAPORAN PEMBENTUKAN RELAWAN SATGAS ANDUNG (SATUAN TUGAS ANTI PERUNDUNGAN) SMP NEGERI 1 GLAGAH. Banyuwangi: 17 Nov 2022, 2022. https://fliphtml5.com/nijjy/qqgg/LAPORAN_REKRUTMEN_SATGA S_ANDUNG_SMPN_1_GLAGAH/.
Supriatun. “HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU BULLYING PADA REMAJA” (2014). https://dspace.uii.ac.id/bitstream/ha ndle/123456789/10434/05.2 bab 2.pdf?sequence=6&isAllowed=y&cf_chl_tk=WR5VtG_qSX8OdcH EDYxArcgS.a5sP3n_3rp_EmIud1E-1689418480-0-gaNycGzNDDs.
Refbacks
- There are currently no refbacks.