DAMPAK NEGATIF INTOLERANSI TERHADAP KEEFEKTIFAN KEGIATAN BELAJAR DI KELAS PARALEL UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Dani Prasetya, Ananda Ramadhani Putri, Mia Fitra Yulianti, Trie Utami, Nurul Hidayah, Stephany Stephany, Luthfia Ichwani S., Novianto Adjie Prabowo, Dina Aprilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak negatif intoleransi terhadap keefektifan kegiatan belajar di kelas paralel Universitas Esa Unggul Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intoleransi di Universitas Esa Unggul termasuk dalam konteks pendidikan masih berdampak negatif, seperti suasana belajar yang tidak nyaman dan berkurangnya minat belajar. Kasus-kasus intoleransi menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman dan kesadaran pentingnya toleransi dalam menjaga keefektifan kegiatan belajar. Benih-benih sikap intoleransi dapat menciptakan perbedaan di antara para mahasiswa serta memicu intimidasi. upaya yang dilakukan di Universitas Esa Unggul Jakarta dalam mengurangi dampak negatif intoleransi adalah memberikan penyuluhan melalui pendekatan edukatif yang melibatkan individu dan kelompok, dengan memperhatikan faktor sosial, ekonomi, dan budaya setempat.

Kata Kunci: Intoleransi, keefektifan kegiatan belajar, dampak negatif, pendidikan tinggi


References


Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek - Cara Mencegah Intoleransi dalam Dunia Pendidikan. (2023). Diakses 20 July 2023, dari https://itjen.kemdikbud.go.id/web/cara-mencegah-intoleransi-dalam-dunia-pendidikan/

Maarif, S. (2022). Kemenhan: Nyata, Ancaman Intoleransi di Perguruan Tinggi Umum. Retrieved from Kemenhan: Nyata, Ancaman Intoleransi di Perguruan Tinggi Umum. https://www.kemenag.go.id/nasional/kemenhan-nyata-ancaman-intoleransi-di-perguruan-tinggi-umum-wpf4ng

Pancawati. (2023). Perkuat Peran Pendidikan Melawan Intoleransi. Diakses 20 July 2023, dari https://www.kompas.id/baca/riset/2023/05/02/perkuat-peran-pendidikan-melawan-intoleransi

PPIM UIN JAKARTA. (2021). Kebhinekaan di Menara Gading: Toleransi Beragama Di Perguruan Tinggi. Retrieved from Ringkasan Hasil Survey Nasional Kebhinekaan Di Menara Gading https://ppim.uinjkt.ac.id/wp-content/uploads/2021/03/Final_Ringkasan-Eksekutif-Kebinekaan-di-Menara-Gading.pdf

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.