PENANAMAN SIKAP CINTA TANAH AIR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DI ERA MILENIAL

Puspita Chairun Nisa, Andrian Andrian, Amanda Maxentia, Denit Ersyifa, Devanna Andyco, Esterlina Oktavia, Feti Ratnasari, Hesty Kuswandari, Karlina Karlina, Marlina Marlina, Murniasih Murniasih, Rafrafi Zul Abari, Swi Ngo, Yasinta Jelita

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang pentingnya penanaman sikap cinta tanah air sebagai salah satu faktor penting dalam pembentukan karakter individu di era milenial . Era milenial ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat dan pergeseran nilai-nilai budaya yang mempengaruhi pemikiran dan sikap generasi muda terhadap negara dan identitas nasional.Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan menguraikan pendapat dari narasumber milenial yang telah diwawancarai.Artikel ini menyimpulkan bahwa penanaman sikap cinta tanah air merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter yang kuat, menjaga persatuan, dan mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan bangsa di era milenial. Salah satu cara untuk mempromosikan cinta tanah air di kalangan milenial yaitu dengan mengintegrasikan pendidikan patriotisme di sekolah dan perguruan tinggi. Dengan demikian, generasi milenial diharapkan menjadi penerus bangsa yang memiliki identitas nasional yang kuat, berkontribusi positif pada negara dan siap menghadapi tantangan global yang ada.

Kata kunci: Cinta tanah air, nasionalisme, millennial, globalisasi


References


Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745

Amalia, S., Rofifah, U., & Zuhri, A. F. (2020). Menampilkan Sikap Cinta Tanah Air. IAIS Sambas, 6(1), 68–75.

Chemie, A. (2021). Cinta Tanah Air. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.

Fathoni, F., Ulfatun, F., & Nugraha, N. (2022). Pendidikan Cinta Tanah Air Dalam Pembentukan Karakter Kaum Milenial Faiz. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(4), 1–6.

Padang, S., Az-zahra, K., Huwayna, A., Ramadhani, A., Syam, R., & Alfarizi, M. (2023). Strategi PR TVRI Sumut dalam Mempromosikan Minat Menonton Kaum Millenial dalam Menonton Siaran TVRI. Jurnal Multilingual, 3(1), 72–75.

Risvan Akhir Roswandi. (2022). Menakar Keselarasan Islam Dan Patriotisme. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 610–618. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.50

Syarifudin, M. (2019). Hubungan Antara Persepsi Person Job Fit Dan Motivasi Intrinsik Dengan Work Engagement Pada Karyawan Generasi Millenial Di Pt. X. 11–51. http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3721

Unggul, U. E., Arjuna, J., No, U., & Kepa, D. (2019). FENOMENA BULLYING VERBAL DAN NON VERBAL YANG DAPAT. 1(9).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.