FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA INTOLERANSI TERHADAP KESETARAAN GENDER DALAM DUNIA PENDIDKAN

Khairunnisa Khairunnisa, Joko Widarto, Ardella Naurah Sani, Intania Furqonita, Najwa Izzati Qaishum Alifah

Abstract


Riset ini mengulas tentang apa serta bagaimana pemicu terbentuknya intoleransi terhadap kesetaraan gender dalam dunia Pendidikan, yang mana subjek dari riset ini merupakan laki-laki serta perempuan berumur 15-19 tahun. Intoleransi ialah perilaku sikap yang tidak menghargai pihak lain yang berbeda. Sikap-sikap intoleransi ini bisa jadi salah satu aspek yang hendak melahirkan bermacam berbagai konflik dalam area warga. Kesetaraan gender merupakan ikatan sosial yang membedakan antara peran,perilaku,watak, serta sikap antara laki-laki dan perempuan. Riset ini bertujuan untuk mengenali pemikiran warga tentang kesetaraan gender dalam ranah Pendidikan. tipe riset ini merupakan riset kuantitatif, diamana riset ini memakai tata cara penyebaran kuesioner yang sudah disebarkan lewat media sosial semacam: Instagram,Twitter,WhatsApp, dan sebagainya.

 

Kata kunci: Gender, Kesetaraan gender, Intoleransi, Pendidikan.

 


References


Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2017). Analisis regresi dalam penelitian ekonomi dan bisnis. PT Rajagrafindo Persada, Depok, 90-100.

Effendi, P., & Ratnasari, D. (2018). Kesetaraan gender dalam perspektif undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Jurnal Pro Hukum: Jurnal Penelitian Hukum Universitas Gresik, 7 (2).

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Habibah, S. (2015). Kepemimpinan perempuan dalam perspektif gender. Sosioreligius, 1(1), 102-14.

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49-55.

Natasha, H. (2013). Ketidaksetaraan gender bidang pendidikan: Faktor penyebab, dampak, dan solusi. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 53-64.

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id).

Ratnawati, D., Sulistyorini, S., & Abidin, AZ (2019). Kesetaraan Gender Tentang Pendidikan Pria dan Wanita. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 15 (1), 10-23.

Rokhimah, S. (2014). Patriarkhisme dan ketidakadilan gender. MUWAZAH: Jurnal Kajian Gender, 6(1).

Silalahi, U., & Atif, N. F. (2015). Metode penelitian sosial kuantitatif.

Tholkhah, I. (2013). Potensi Intoleransi Keagamaan Siswa Sekolah Di Jawa Dan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.