IMPLEMENTASI PEMERTAHANAN BAHASA NEGARA INFLUENCER DALAM KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL

Aisyah Puspita Dewi, Amelisa S. Veronica, Chelsea T. S. Putri, Felix Herlambang T.W, Indah Sari Dewi, Laila Noviani, Rini Ayu Lestari, Rinta Pratiwi, Shearly Annisyah I.

Abstract


Dengan pesatnya perkembangan informasi dan teknologi hal ini berdampak pada meningkatnya penggunaan media sosial di masyarakat. Gaya hidup baru lahir dari berkembangnya beberapa media sosial di masyarakat, termasuk dalam penggunaan bahasa negara yang diterapkan oleh Influencer dalam penggunaan media sosial, Artikel ilmiah ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pemertahanan bahasa negara yang digunakan influencer pada media sosial berpengaruh terhadap peminatnya. Dalam penelitian pada artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian kuantitatif penggunaan alat survei berupa kuesioner. Dari hasil survei yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Influencer memiliki peranan penting dalam pemertahanan berbahasa negara di media sosial dan dapat membawa dampak positif bagi pengikutnya.

Kata kunci: Bahasa Negara, Influencer, Komunikasi, Media Sosial


References


Anjani, S., & Irwansyah, I. (2020). Peranan Influencer Dalam Mengkomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [the Role of Social Media Influencers in Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203. https://doi.org/10.19166/pji.v16i2.1929

Bruns, I. (2018). ‘ Perceived Authenticity ’ and ‘ Trust ’ in Social Media driven Influencer Marketing and their influence on intentions-to-buy of 18-24-year-olds in Ireland. Master of Business Administration in Marketing, 1–135.

Chopra, A., Avhad, V., & Jaju, and S. (2021). Influencer Marketing: An Exploratory Study to Identify Antecedents of Consumer Behavior of Millennial. Business Perspectives and Research, 9(1), 77–91.

Clarin, T. (2022). Mengenal Apa Itu Social Media Influencer. ToffeeDev.

Elli, D. M. (2017). The phenomenon and rise of Influencer Marketing and how it affects customer opinion and helps or damages brands. International Hellenic University, December 2017, 1–64.

Erin, L. (2016). Influencers: The Target Audience Brands Can’t Afford to Ignore. Carusele

Ermariska, O. N. (2021). Mengenal Tata Bahasa. Mijil.

Glucksman, M. (2017). The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding : A Case Study of Lucie Fink I . Introduction II . Literature Review. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 8(2), 77–87.

Husnul, A. (2023). Apa itu Influencer? Pahami Pengertian dan Perannya di Media Sosial. Liputan6.Com.

Ilham, W. (2022). Dua Sikap Netizen. Harian Fajar.

Juwita S, R, Anshori, D,S, Sunendar D, & Kuwing A, . (2023). Preservation of Indonesian language Buttonscarves and Erigo in public spaces (Implementation of Law Number 24 of 2009 and PERMENDAG No. 73/M-Dag/Per/9/2015). Universitas Ahmad Dahlan.

Kádeková, Z., & Holienčinová, M. (2018). Influencer marketing as a modern phenomenon creating a new frontier of virtual opportunities. Communication Today, 9(2), 90–104.

Kholida, Q. (2022). Apa itu influencer? Ini Arti, Tugas, Jenis, dan Contohnya. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6040204/apa-itu-influencer-ini-arti-tugas-jenis-dan-contohnya

Kurniawan, D. (2022). Tips Sukses Jadi Influencer untuk Pemula. Voi.Id.

Ledbetter. (2015). The Change in Influencer Marketing from PR Strategy to Media Strategy. Carusele.

Mahdia, A. (2018). Pengaruh Konten Influencer Di Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja Akhir. Jurnal Psikologi, 11(2), 172–179. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2262

Saifuddin, A. (2017). Metode Penelitian Psikologi ed. 2 (II). Pustaka Pelajar.

Simanis. (2023). Pengertian Tata Bahasa, Ciri, Sifat, Sistem Gramatikal, Macam dan Bidang Tata Bahasa Terlengkap

Suyanto, B. (2016). Media Sosial di Era Masyarakat Digital. Media Indonesia.

Yudhistira. (2020). Konsistensi Gaya Bahasa dalam Media Sosial. Nara Bahasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.