PERAN GENERASI Z DALAM MENGATASI PENCEMARAN LIMBAH PLASTIK

Aprilia Indra, Dina Fitria, Ina Margareta, Klara Shintya, Ridho Rizki, Tarisa Aida, Tarra Kamilla

Abstract


Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah plastik telah menjadi tantangan global yang signifikan. Generasi Z yang terdiri atas individu yang lahir antara tahun 1997 sampai 2012, memainkan peran penting dalam mengatasi masalah ini. Tumbuh dalam era teknologi tinggi dan paparan informasi yang luas, generasi Z menunjukkan kesadaran lingkungan yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran generasi Z dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah plastik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan difokuskan pada wilayah tertentu, dan data akan dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian yang didapatkan adalah mayoritas dari generasi Z sudah ikut mengurangi penggunaan plastik, namun untuk upaya secara langsung dalam mengatasi pencemaran plastik seperti mendaur ulang sampah plastik masih kurang. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran generasi Z dalam mengatasi pencemaran plastik dan memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lingkungan untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengatasi masalah ini.

Kata kunci: generasi Z, pencemaran lingkungan, limbah plastik


References


Arico, Z., & Jayanthi, S. (2018). Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Produk Kreatif sebagai Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 1-6.

Dewata, I., Danhas, Y. H. (2018). Pencemaran Lingkungan. Rajawali Press, Depok, pp. 1-256. ISBN 978-602-425-511-4.

Hakim, M. Z. (2019). Pengelolaan dan Pengendalian Sampah Plastik Berwawasan Lingkungan. Amanna Gappa, 27(2), 111-121. https://doi.org/10.20956/ag.v27i2.9673.

Hasanah, U., & Afianah, V. N. (2021). Media Infografis Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Generasi Z. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1436-1450.

Jambeck, J.R., Geyer, R., Wilcox, C., Siegler, T.R., Perryman, M., Andrady, A., Narayan, R., dan Law, K.L. 2015. Plastic Waste Inputs from Land into Ocean. Science Vol 347 Issue 6223.

K, E., G, M., Nego, A., & Sugiyana, F. (2016). Pengolahan Sampah Plastik dengan Metode Pirolisis menjadi Bahan Bakar Minyak. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia "Kejungan", 1-7.

Nenny Makmun, d. (2019). Sahabat Sampah: Alam Bersahabat, Hidup Menjadi Nyaman. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Septiani, B. A., Arianie, D. M., Andi Risma, V. F., Hadayani, W., & Sri Kawuryan, I. S. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik di Salatiga: Praktik dan Tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17, 90-99.

Sumampouw, J. O., & Risjani, Y. (2018). Indikator Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Deepublish.

Suminto, S. (2017). Ecobrick: Solusi Cerdas dan Kreatif untuk Mengatasi Sampah Plastik, 3(1), 26–35.

Wahyudi, J., & Prayitno, H. T., & Astuti, A. D. (2018). Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Bahan Baku Pembuatan Bahan Bakar Alternatif. Pati: Jurnal Litbang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.