PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TERHADAP PERILAKU BULLYING SEBAGAI CANDAAN DALAM PERGAULAN
Abstract
Bullying merupakan salah satu dari tiga dosa besar di dunia pendidikan. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut dikarenakan masyarakat sering salah dalam mempersepsikan perilaku bullying sebagai bentuk candaan. Kesalahan dalam mempersepsikan hal tersebut menjadi salah satu penyebab kasus bullying sering terjadi terutama di dunia pendidikan tempat untuk menuntut ilmu dan menjalin hubungan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara terhadap Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Dari wawancara dan observasi yang dilakukan terdapat perbedaan persepsi atas perilaku bullying dan bercanda. Sebagian narasumber memahami tentang perbedaan antara bullying dan bercanda, namun, sebagian lainnya secara tidak sadar mempersepsikan bullying sebagai hal yang wajar dengan alasan bercanda, kedekatan emosional, bahkan harus dipandang sebagai sesuatu hal yang positif sebagai bentuk kritikan untuk memperbaiki diri. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk memberikan pandangan yang benar bagi masyarakat khususnya mahasiswa tentang perbedaan perilaku bullying dengan bercanda sehingga masalah tersebut dapat dicegah.
Kata kunci : Bullying, bercanda, perilaku, dan mahasiswa
References
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30.
Butar Butar, H. S., & Karneli, Y. (2021). Persepsi Pelaku Terhadap Bullying dan Humor. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 372–379. https://doi.org/10.31004/edukatif.4i1.1843.
SOA. (2022, December 29). Jangan Salah! Kenali Perbedaan Bullying
dan Bercanda. https://soaedu.com/jangan-salah-kenali-perbedaan-bulying-dan-bercanda/
Tresna Nur Andini. (2021, May 31). Merasa Humoris? 5 Adab Bercanda Ini Wajib Dipahami. https://www.idntimes.com/life/inspiration/tresna-nur-andini/kamu-humoris-5-adab-bercanda-ini-wajib-kamu-pahami-c1c2?page=all
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Jeklin, A. (2017). Metodologi Penelitian. Etheses Uin Malang, July, 1–23.
Ni’matuzahroh, S. P. (2018). Observasi: Teori dan Aplikasi dalam Psikologi (1st ed.). Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.
Sttidi, S., Siswati Costrie, D., & Widayanti, G. (2005). FENOMENA BULLYTNG DT SEKOLAH DASAR NEGERI DI SEMARANG.
Refbacks
- There are currently no refbacks.