PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SMKN 8 KABUPATEN TANGERANG PROVINSI BANTEN

Ridwan Maulana, Muhammad Iqwan, Aqil Munif Indyana, Mochamad Dharma Yudha T. P, Mila Pebriyanti, Valentinus Pratama, Ika Apriyanti

Abstract


Program anti-bullying merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi tingkat perundungan di sekolah dengan menyediakan pendekatan sistematis untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menanggulangi tindakan bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena analisis data dipaparkan secara verbal, untuk mendapatkan informasi secara menyeluruh dan adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan (observasi) dan wawancara (interview) yang ada di lingkungan SMKN 8 Tangerang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data (data reduction), data display (display data) dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa kasus perundingan di lingkungan sekolah masih sangat rendah dalam menangani kasus tersebut yang masih membuat kasus tersebut tidak terhenti seharusnya pihak terkait sangat memperhatikan sekali terhadap kasus tersebut. Pihak sekolah harus benar-benar serius menekankan program anti bullying dan tidak diperbolehkan mentolerir perilaku tersebut dengan mengatakan "wajar masih anak-anak" atau "cuma bercanda".

Kata Kunci : Pencegahan, Penanggulangan, Perundungan


References


Gultom, A. F., Suparno, S., & Wadu, L. B. (2023). Strategi Anti Perundungan Di Media Sosial Dalam Paradigma Kewarganegaraan. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(7).

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) Pada Sekolah Dasar Di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190-194.

Munandar, H., Kurniawati, E., Thayban, T., & Pratomo, R. H. S. (2023). Pelatihan Penanganan Dan Pencegahan Perundungan Bagi Guru-Guru Di Sd Negeri Nomor 25 Kota Selatan Gorontalo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(1).

Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying Di Institusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum Dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum Politik Dan Kekuasaan, 1(1).

Triwulandari, A. A., & Jatiningsih, O. (2023). Strategi Sekolah Dalam Pencegahan Cyberbullying Pada Siswa Di Smp Negeri 6 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 160-176.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.