MENGATASI INTOLERANSI DALAM PENDIDIKAN : MENDORONG KEHARMONISAN DAN KEADILAN DI SEKOLAH

Adelia Aristi, Asep Syaifullah, Callista Florencia Faustina, Ehfa Khoirul Anam, Elsa Damayanti, Johanna Glory Christasya, Khoirul Muna Istiqomah, Masdeo Putra Ivano, Siti Sofia Choerunnisa

Abstract


Di Indonesia memiliki berbagai ras, budaya, dan suku. Keberagaman ini semestinya menjadikan bangsa Indonesia bersatu untuk mencapai cita-cita bangsa. Akan tetapi, keberagaman tersebut terkadang menumbuhkan sikap menilai budaya lain dengan cara pandang sendiri, merasa budaya sendiri lebih baik dibandingkan budaya lain, sampai terjadi intoleransi. Dalam jurnal ini, penulis akan menjelaskan dan menganalisis penyebab terjadinya intoleransi berdasarkan penelitian para peneliti tentang kasus intoleransi pada siswa, khususnya tingkat SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 2 PGRI Bekasi. Menurut hasil penelitian, masih ada siswa/i yang melakukan sikap pendukung terjadinya intoleransi. Tetapi, tidak sedikit siswa yang memiliki dan menegakkan sikap toleransi. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan juga pemantauan secara langsung pada objek dengan menggunakan metode berbentuk kuesioner dan wawancara. Anjuran yang ditawarkan, di antaranya adalah dalam pembelajaran, guru diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, masyarakat melaksanakan nilai-nilai pancasila sebagai bentuk pencegahan intoleransi, keluarga termasuk siswa itu sendiri dapat memanfaatkan teknologi secara baik dan tepat terutama dalam memetik sebuah informasi. Dengan pencegahan intoleransi, kita dapat menciptakan generasi muda yang berprestasi dan mampu menggapai cita-cita bangsa Indonesia.


Kata kunci: Intoleransi, siswa, pendidikan


References


Bakar, A., Sultan, U., & Riau, S. K. (2015). KONSEP TOLERANSI DAN KEBEBASAN BERAGAMA (Vol. 7, Issue 2).

Bodgan, & Taylor Moleong. (2012). Prosedur Penelitian Pendekatan Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan konsumsi jajanan sehat MI sulaimaniyah mojoagung jombang (1). (n.d.).

Samino, S. M. (2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sugiyino, Ed.). Alfabeta.

Suharyat, Y., Pd, M., & Abstrak, ). (n.d.). HUBUNGAN ANTARA SIKAP, MINAT DAN PERILAKU MANUSIA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.