STRATEGI PENDIDIK DALAM UPAYA PENCEGAHAN FENOMENA PERUNDUNGAN DI SMKN 1 TARUMAJAYA
Abstract
Perundungan adalah penggunaan kekuatan untuk menyakiti secara verbal, fisik, atau psikologis seseorang atau sekelompok orang sedemikian rupa sehingga korban merasa tertindas, trauma, dan tidak berdaya. Anak muda yang menjadi korban perundungan berisiko lebih tinggi menderita berbagai masalah kesehatan fisik dan mental. Masalah yang lebih mungkin dialami oleh anak-anak korban bullying antara lain timbulnya berbagai masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan tidur yang dapat terbawa hingga dewasa, serta masalah kesehatan fisik seperti sakit kepala, sakit perut, dan nyeri otot. Stres, malaise, keamanan di lingkungan sekolah dan berkurangnya semangat belajar dan keberhasilan akademik. Jarang, anak-anak yang menjadi korban bullying mungkin menunjukkan kecenderungan kekerasan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perundungan pada remaja, peran dalam perundungan dan jenis-jenis perundungan. Sumber data untuk artikel ini adalah metode penelitian dokumenter. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi bullying dapat berasal dari individu, keluarga, kelompok bermain dan komunitas pelaku perundungan. Kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan dunia kerja sosial yang dibutuhkan dalam hal ini sebagai pendamping para pelaku perundungan.
Kata kunci : Perundungan, Kekerasan Remaja, Strategi Guru
References
Anas, Maulan. (2020 30 Desember). Penanganan Korban Perundungan di SMP ASYSYIFA BOARDING SCHOOL ditinjau dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak diakses dari http://eprints.ums.ac.id/864
Anis, Khuroidah. (2013 13 Desember). Kecenderungan Perilaku Bullying Siswa diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id/10711/
Anggraini, Noviana. (2021, 7 Desember). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Bandung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/14542/1/
Kanzunnudin, Mohammad. Irfai, Fathurohman. Mila, Roysa. (2014). Kebiasaan Penggunaan Kalimat Perintah dalam Aktivitas Pembelajaran: Kajian Pragmatik Kesantunan Berbahasa di Sekolah Dasar 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus diakses dari https://eprints.umk.ac.id/2633/
Novita, Sari. (2019, 7 Desember). Strategi Guru PAI dalam Menangani Perilaku Bullying Secara fisik Pada Siswa di SMPN 02 Kota Bengkulu diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/3674/
Supriyatno, (2021 13 Desember). Stop Perundungan/Bullying Yuk. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Refbacks
- There are currently no refbacks.