PERAN GURU TERHADAP AKSI PERUNDUNGAN GUNA MENCIPTAKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DI SMPN 19 KOTA BEKASI

I Made Satria Mahawira, Muhammad Adzin Abiyyu, Amru Gibran, Bimo Ali Prakoso Fakhrudin Irawan, Muhammad Alief Rifky Maulana, Ferdynan Janika Jayapertela, William Wijaya, M. Dzikri Irsal, Muhamad Irfansyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya kasus perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah di SMP Negeri 19 Harapan Indah dalam penanganan dan pencegahan perundungan di lingkungan sekolah. Dalam proses penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi di lokasi yang hasil nya disajikan dalam bentuk jurnal artikel. Proses penelitian ini melibatkan 4 orang narasumber yang merupakan guru BK di sekolah. Guru SMP Negeri 19 Harapan Indah mempunyai peran besar dalam membentuk karakter siswa yang dimana nilai-nilai karakter diimplementasikan pada kehidupan pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP Negeri 19 Harapan Indah masih terjadi perundungan, namun pihak sekolah sudah dapat menangani kasus perundungan dalam pendidikan dengan baik. Siswa juga sudah memiliki kesadaran diri tentang bahaya perundungan dalam pendidikan.

Kata kunci : Guru, Penanganan, Perundungan, Kualitatif, Penelitian


References


Amiirohana Mayasari dkk. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Menanganinya.

Anisa I.P Sari dan Dr. Junanah. (2019). MIS Peran Guru Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV yang Mengalami Bullying di TK dan SD Model Sleman

Laurensius. (2020). Dinamika dan Solusi Perlindungan Anak di Sekolah.

Pratiwi. (2020). Perilaku dan Motif Perundungan Min 2 Aceh Tamiang

Wenny Theodore, Shanty Sudarji. (2019). Faktor Faktor Perilaku Perundungan pada Pelajar Usia Remaja di Jakarta.

Willhen Shalomo. (2020). Tindakan Perundungan Anak Dibawah Umur Dalam Prespektif Perlindungan Anak di Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.