LANGKAH STRATEGIS DALAM MENUMBUHKAN SMART KARAKTER DI LINGKUNGAN SMK TAMAN HARAPAN BEKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Langkah strategis dalam menumbuhkan smart karakter di Sekolah Menengah Kejuruan Taman Harapan Bekasi. 2.) Meneliti penerapan smart karakter di Sekolah Menengah Kejuruan Taman Harapan Bekasi. 3.) Solusi dari tenaga pendidik dalam mendukung perkembangan smart karakter di Sekolah Menengah Kejuruan Taman Harapan Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif, dalam penelitian kualitatif instrumen utama adalah penelitian itu sendiri. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1.) Pendidikan smart karakter di Sekolah Menengah Kejuruan Taman Harapan Bekasi sudah berjalan dengan cukup baik. 2.) Strategi pendidikan smart karakter dari tenaga pendidik yang utama adalah kedisiplinan dari peserta didik, mulai dari sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar sampai selesai melakukan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan tersebut dilakukan oleh pihak sekolah melalui metode pembiasaan. (Suparno, 2018) Menurut Suparno sekolah menerapkan pendidikan karakter sebagai pengembangan kurikulum dengan berpedoman pada kurikulum pendidikan nasional.
Kata Kunci : Strategis, Smart karakter, Pendidikan
References
Utami SW. Jurnal pendidikan (teori dan praktik).2019;4(1):63. doi:10.26740/jp.v4n1.p63-66
HUMAS. Diakses pada Selasa, 27 Desember 2022. 11.45 WIB. https://nurulfikri.sch.id/kembangkan-karakter-smart-lewat-kunjed/.
Dewi DA. Jurnal basicedu.2021;5(6):5234-5240. doi:10.31004/basicedu.v5i6.1614
H4nk. Diakses pada Selasa, 27 Desember 2022. 11.45 WIB. https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/68379/smart-parenting-bagi-orang-tua-dalam-membentuk-karakter-anak-di-era-digital.
Dekamuslim. Diakses pada Selasa, 27 Desember 2022. 11.45 WIB.https://www.dekamuslim.com/2017/05/pengembangan-karakter-smart-bagi-anak.html?m=1.
Rozana AA, Wahid AH, Muali C. Jurnal Pendidikan anak. 2018;4(1):1-16.doi:10.14421/al-athfal.2018.41-01
Refbacks
- There are currently no refbacks.