PENANAMAN NILAI – NILAI PANCASILA SEBAGAI UPAYA PERSATUAN BANGSA BAGI MAHASISWA DI UNIVERSITAS ESA UNGGUL BEKASI

Dicky Firmansyah, Tio Yudho Prasetio, Herah Santoni Kawedar, Fahri Muhadjib Abiyyu, Wahyu Marga Pratama, Al Fito Denaufal Atta, Ikhwan Marditya Nurhidayat, Dhimas Alfianto, Muhammad Rafi Argya Kusuma

Abstract


Indonesia terkenal akan ragamnya suku, budaya, bahasa, agama. Kemajemukan tersebut tercover dalam semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Pancasila sebagai dasar Negara guna persatuan bangsa. Nilai-nilai pancasila ini, perlu ditanamkan sejak dini agar tercipta kehidupan yang aman dan sentosa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dan penghambat dalam penanaman nilai Pancasila serta akibat kurangnya penanaman nilai Pancasila. Metode pengumpulan data yaitu mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis juga oleh responden atau bisa disebut dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila, diharapkan mahasiswa universitas esa unggul akan lebih memahami dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Selain itu, penanaman nilai Pancasila bagi mahasiswa diharapkan bisa memperkuat serta mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai Pancasila di lingkungan universitas esa unggul masih kurang ditanamkan di dalam kehidupan sehari-hari.


Kata kunci: Pancasila, Penanaman nilai-nilai, Bangsa, Persatuan


References


Ayura,Fara (2020). Makalah Pendidikan Pancasila Nilai-nilai Pancasila. Bandung: Fara Ayura Dimarta.

Bo’a Yona, Fais (2017). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Buku yang berjudul Pancasila dalam sistem hukum. Bandung: CV Nusamedia.

Kasnodiharjo (2020). Angket Penelitian Pengertian, Prinsip, Langkah-langkah, dan Contohnya,

Octavia, Nisagita Dan Dinie Anggraeni (2022). Strategi-strategi Untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Pancasila Pada Karakter Generasi Penerus Bangsa.

Pusdatin (2021.Bunyi Pancasila dan Makna 5 Lambangnya,Jakarta :Media BPIP.

Sianturi,Yohana Dan Dinie Anggraeini (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari hari dan sebagai Pendidikan Karakter.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.