DAMPAK PERBEDAAN GENDER TERHADAP PELUANG KERJA DI PT MOLADIN DIGITAL INDONESIA JAKARTA SELATAN

Kristoforus Rama Dewantoro, Azis Kurniawan, Immanuel Michael Donvito, Fernando Marco, Muhamad Bayu Mantara, Novita Ridwan, Audi Feblithe Kietano

Abstract


Tujuan artikel yang kami buat ini adalah untuk menganalisis ekuitas PT. Moladin Digital Indonesia bekerja di PT. Moladin Digital Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan kualitatif ini kami gunakan karena penelitian ini menyoroti fenomena sosial yang dikenal dengan kesetaraan gender, dimana setiap orang memiliki pengalaman, pendapat, dan perspektif yang berbeda. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan prosedur analitis dan dapat dianalisis menurut prosedur pengumpulan data dan tidak menghasilkan data numerik atau statistik. Data kualitatif biasanya dianalisis secara deskriptif, dengan sebagian besar data berasal dari wawancara, survei, dan catatan observasi. Analisis kualitatif berfokus pada pembuktian makna, mendeskripsikan, menafsirkan, dan menempatkan data dalam konteksnya masing-masing, seringkali ditulis dengan kata-kata. Bahan penelitian dikumpulkan dari respon responden dan informan dari kuesioner yang dibagikan kepada responden dan wawancara informan dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa isu kesetaraan masih sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, terdapat struktur sosial yang masih menerapkan budaya patriarki sehingga mentalitas laki-laki lebih kuat, lebih mampu daripada wanita mengakar, dan kebutuhan untuk memprioritaskan penegakan undang-undang yang ada tentang kesetaraan gender di tempat kerja.

Kata Kunci : kesetaraan, pendapat, patriarki


References


Akbar, Z. (2021). Diskriminatif Gender dalam Lingkungan Kerja.

Effendi, P., & Ratnasari, D. (2018). Kesetaraan gender dalam prespektif undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Jurnal Pro Hukum: Jurnal Penelitian Bidang Hukum Universitas Gresik, 7(2).

Hasanah, K., Widiyawati, R., & Aisyah, S. Masyarakat, Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Hasanah, U. (2013). Konsep Keadilan Gender Perspektif Mansour Fakih Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Sosial.

Innayah, M. N., & Pratama, B. C. (2019). Tantangan dan Kesempatan Wanita dalam Lingkungan Kerja. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 13(2).

Lahagu, A. D. (2012). Problem Perempuan Jurnalis dalam Praktik Jurnalisme Berperspektif Gender (studi kualitatif tentang pengalaman Subjektif Perempuan Jurnalis dalam Praktik Membangun Jurnalisme Berperspektif Genderm di Surat Kabar Kedaulatan Rakyat) (Doctoral dissertation, UAJY).

Mu'awanah, E. (2020). CV ELFI MU'AWANAH.

Susanto, N. H. (2015). Tantangan mewujudkan kesetaraan gender dalam budaya patriarki. Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 7(2), 120-130.

Wibowo, D. E. (2012). Peran ganda perempuan dan kesetaraan gender. Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 3(1), 356-364.

Zuraida, T. R. (2013). Pemberontakan Perempuan Dalam Novel Perempuan Badai Karya Mustofa Wahid Hasyim: Kajian Feminisme. Jurnal Sastra Indonesia, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.