ANALISIS FENOMENA PERUNDUNGAN DAN SIKAP INTELORANSI YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI LINGKUNGAN SMA CINDERA MATA BEKASI

Dimas Aditya Daniswara, Winda Suci Lestari Nasution, Dalton Safety Suffer Gultom, Eric Pratama, Fikri Achmad Anshori, Fransiscus Wijaya, Graciella Sharon Minerva, Michael Polandos Ghoklasma Ralus Silaen, Santa Roberto Ayal, Rizky Muhammad Rofif, Thomas Elisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku perundungan dan sikap intoleransi terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA cindra mata bekasi, di dalam penelitian ini kami menggunakan metode observasi serta Metode pemberian kuesioner yang berhubungan dengan perundugan dan sikap intoleransi, Motivasi belajar itu sendiri merupakan keseluruhan daya gerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, untuk perundungan itu sendiri adalah kegiatan yang berupa tindakan kekerasan fisik atau verbal yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa lainnya, sedangkan sikap toleransi adalah sikap yang tidak menerima perbedaan, baik itu perbedaan agama, ras, jenis kelamin, ataupun latar belakang sosial.Pada penelitian ini kami bertujuan untuk mengetahui apakah perundungan dan sikap intoleransi mempengaruhi motivasi belajar siswa SMA Cindera Mata Bekasi. Kesimpulan yang dapat kami ambil yaitu, bahwa fenomena perundungan dan sikap toleransi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa namun tidak 100%, dan kami juga menemukan bahwa masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa seperti orangtua, guru dan kepribadian seseorang.dan kami menemukan Siswa yang mengalami perundungan atau intoleransi cenderung memiliki motivasi belajar yang rendah dan cenderung tidak menyukai lingkungan di sekolah, sedangkan siswa yang tidak mengalami perundungan atau intoleransi cenderung memiliki motivasi belajar yang tinggi dan cenderung menyukai lingkungan di sekolah. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk mengurangi terjadinya perundungan di sekolah, serta meningkatkan toleransi siswa agar dapat meningkatkan motivasi belajar mereka.


Kata kunci : perundungan, sikap intoleransi, motivasi belajar siswa


References


ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2),117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1),15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. (n.d.).

Fauziah, Intan, S., & Syarifah, H. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Studi di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1),

–31.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi Untuk Meningkatnya. Prosiding Seminar Matermatika Dan Pendidikan Matematika, 455–460.

Kurniawan, H., & Lestari, Y. A. (2022). PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANAK USIA DINI DALAM. 5, 56–66.

Mustikaningrum, A. (2017). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Sma Kristen 1 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017.

Palittin, Ivylentine Datu, Wihelmus Wolo, R. P. (2019). Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6, 101–109.

Soleha, S., & Miftahus, S. (2020). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 4(1), 103–118. https://bpkpenabur.or.id/news/blog/5-langkah-untuk-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.