PENERAPAN NILAI TOLERANSI DALAM MEMINIMALISASI TERJADINYA AKSI PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN KAMPUS

Nur Indah Yusari, Jennifer Nathania Ongso, Bening Aisyah Arrasy, Honey Putri, Aini Sartika, Nabilah Nasywaa Fadhillah, Wening Ayu Pratiwi, Riris Eva Amelia, Elshavira Suryaning Tyas, Raysa Maysa Namiraah, Syifa Maharani Martham

Abstract


Kurangnya toleransi dalam sebuah lingkungan dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya perundungan. Intoleransi dan perundungan dapat terjadi di lingkungan manapun, salah satunya adalah lingkungan kampus. Efek bullying dan intoleransi dapat mempengaruhi seseorang baik secara fisik maupun psikologis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan mahasiswa/i tentang pentingnya penerapan nilai toleransi. Metode pelaksanaan penelitian ini adalah wawancara dan pendekatan kualitatif. Dengan metode ini, mahasiswa dan perguruan tinggi dapat mengembangkan kesadaran tentang intoleransi dan bullying. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah intoleransi dapat diberantas dengan mengajarkan orang lain untuk menghargai perspektif mereka yang berbeda dari diri mereka sendiri, terlepas dari ras, agama, atau status sosial ekonomi mereka, dan dengan membantu satu sama lain tanpa pamrih.Kita dapat mencapai tujuan ini dengan mengajar orang lain untuk menghargai perspektif mereka yang berbeda dari diri mereka sendiri.


Kata Kunci : Perundungan, Intoleransi


References


Fajri, Dwi Latifatul. 2022. “Memahami Bullying, Penyebab dan Cara Mengatasinya.” Katadata.co.id https://katadata.co.id/amp/intan/berita/61d314fbc28b2/memahami-bullying-penyebab-dan-cara-mengatasinya (diakses pada Desember 2022)

Harruma, Issha. 2022. “Pengertian Intoleransi dan Contohnya” Kompas.com https://amp.kompas.com/nasional/read/2022/10/28/01000061/pengertian-intoleransi-dan-contohnya (diakses pada Januari 2023)

Kemenpora. 2022. “Bullying” https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/8e022-januari-ratas-bullying-kpp-pa.pdf (diakses pada November 2022)

Nafi, M. Zidni. 2020. “Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli”. Iqra.id. https://iqra.id/pengertian-toleransi-menurut-para-ahli-231447/ (diakses pada Januari 2023)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.