PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DAN RELEVANSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA TUNAS JAKASAMPURNA

Nur Indah Yusari, Syifa Sabrina El Rahmi, Aryanti Rahardja, Dina Maylia Wati, Dinda Fatikah Khairunnisa, Jihan Imron Ghina Nailah, Martua Reynard William Pasaribu, Najwa Riva Alya Afianty, Nazwa Natasya Aurelly, Susmita Yoka Ramadhan, Vincensia Gabrielle Samantha

Abstract


Bullying merupakan pemakaian kewenangan yang bertujuan untuk menyakiti seseorang baik secara verbal, raga, serta psikis, sehingga seseorang akan terpuruk, trauma serta tidak berkekuatan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan upaya pencegahan terhadap Tindakan bullying dan melihat relevansinya terhadap prestasi belajar siswa di SMA Tunas Jakasampurna. Selain itu, riset ini juga bertujuan untuk mengenali wujud penangkalan bullying, mengenali aspek yang menunjang upaya penangkalan terbentuknya bullying, serta pula mengenali relevansi bullying terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi ke lapangan dan menggunakan kuesioner. kesimpulan yang dapat ditarik adalah banyak siswa yang masih jadi korban ataupun pelaku. Minimnya pengetahuan siswa serta area sekolah yang belum optimal menghindari terbentuknya tindak bullying membuat sikap bullying terus terjadi.

Kata kunci : pencegahan bullying, prestasi belajar, siswa


References


Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047

Carroll, A., Houghton, S., Durkin, K., & Hattie, J. A. (2009). Adolescent Reputations and Risk. New York: Springer.

Coloroso, B. (2007). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins.

Kustanti, E. R. (2015). GAMBARAN BULLYING PADA PELAJAR DI KOTA SEMARANG. Jurnal Psikologi Undip, 14(1). https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.29-39

Riauskina, I. I., Djuwita, R., dan Soesetio, S.R. (2005). ‘Gencet-gencetan’ di mata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah Kognitif tentang arti, skenario, dan dampak ‘gencet- gencetan’. Journal Psikologi Sosial, 12 (01), 1-13

TimSejiwa. (2008). Bullying: Panduan bagi Orang Tua dan Guru Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.