PERAN PENTING WARGA SEKOLAH DALAM MEMERANGI INTOLERANSI PADA RANAH PENDIDIKAN DI SMP AR RAUDHAH BEKASI

Nur Indah Yusari, Febina Aura Fauzia, Eidelwein Dwi Thania, Huwaidah Hikmachtiar, Jasmine Nadya Prawestri Prasetyo, Jean Gabriella Wijaya, Muhammad Ardan Al-Madany, Rachel Juliana Selly, Salsabila Aulia Hamid Yahya, Siti Nur'aisyah Jamil, Vandelyn Vincent

Abstract


Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keragaman. Kebhinekaan saat ini merupakan simbol persatuan dan dikemas dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Namun akhir-akhir ini Indonesia sering mengalami krisis toleransi antar kelompok yang berbeda, sering disebut dengan intoleransi, baik itu agama, budaya, suku maupun ras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa penting peran warga sekolah dalam memberikan pembinaan kepada siswa dalam melawan intoleransi dan juga memberikan edukasi serta contoh yang baik tentang bagaimana mencegah intoleransi di ranah pendidikan. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan merangkum hasil pernyataan responden melalui pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab. Hasil penelitian menunjukkan beberapa cara pencegahan intoleransi di kalangan siswa SMP, salah satunya yaitu dengan dilakukannya pendidikan karakter baik di sekitar lingkungan sekolah guna melatar belakangi pencegahan sikap intoleransi.


Kata kunci : peran penting, warga sekolah, intoleransi, pendidikan


References


Admila Rosada, D. K. A. , dkk. (2019). Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Kebergaman di Sekolah (D. K. A. C. H. Admila Rosada, Ed.; catatan ke-1, Vol. 01). Kanisius.

Albi Anggito & Johan Setiawan, S. Pd. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Ella Deffi Lestari, Ed.; 01 ed.). CV. JEJAK.

Ayu Suciartini, N. N. (2017). Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan . Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88

Bakar, A. (2016). Konsep toleransi dan kebebasan beragama. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 7(2), 123–131.

Feni. (2014). Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.

Mahfud Junaedi. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan islam (01 ed.). KENCANA.

Qodir, Z. (2016). Kaum muda, intoleransi, dan radikalisme agama. Jurnal Studi Pemuda, 5(1), 429–445.

Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 10–24.

Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran KI Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. In Jurnal Civic Hukum (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.22219/jch.v1i1.10460

Sodik, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Relevansinya dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1). https://doi.org/10.36667/tf.v14 i1.372


Refbacks

  • There are currently no refbacks.