PENGARUH BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DI LINGKUNGAN SEKITAR
Abstract
Salah satu bentuk kekerasan yang sering dialami oleh kelompok anak dan remaja khususnya di lingkungan sekolah adalah Bullying baik fisik maupun mental. Berbagai bentuk pelaku bullying kebanyakan dilakukan oleh kelompok orang dewasa bahkan anggota keluarga dekat. Upaya yang dapat dilakukan adalah strategi pencegahan yaitu memberikan pendidikan tentang bullying kepada beberapa pihak terkait serta kepada anak dan remaja agar mampu mengenali jenis atau bentuk bullying. Bentuk pendidikan dilakukan dengan menggunakan metode atau teknik sosialisasi dan penyuluhan. Metode penyuluhan kami lakukan di SMP Cahaya Bekasi Barat.
Kata kunci : bullying, Anak dan Remaja di Lingkungan Sekolah, Pelanggaran, Strategi Pencegahan, Pendidikan bullying
References
Salifullalh. F. 2016. Hubungaln alntalral Konsep Diri Dengaln Bullying Paldal Siswal- Siswi SMP (SMP Negeri 16 Salmalrindal) eJournall Psikologi, 2016, 4 (2): 200- 214
Dalral Algnis Septiyuni, 2014 Pengalruh Kelompok Temaln Sebalyal (Peer Group) Terhaldalp Perilalku Bullying Siswal Di Sekolalh, Salifullalh. F. 2016. Hubungaln alntalral Konsep Diri Dengaln Bullying Paldal Siswal- Siswi SMP (SMP Negeri 16 Salmalrindal) eJournall Psikologi, 2016, 4 (2): 200- 214 Alni, S. D., & Nurhalyalti, T. (2019). Pengalruh Bullying verball di lingkungaln sekolalh terhaldalp perkembalngaln perilalku siswal. Edueksos: Jurnall Pendidikaln Sosiall & Ekonomi, 8(2).
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Maltal Ralntali Kekeralsaln Alnalk dalri Pralsekolalh hinggal SMU (Terjemalhaln). Jalkalrtal: PT. Seralmbi Ilmu SemestalSujalrweni, V. Wiraltnal. (2014). Metode Penelitialn: Lengkalp, Pralktis, daln Mudalh Dipalhalmi. Yogyalkalrtal: Pustalkal Balru Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.