ANALISIS PERUNDUNGAN DI SDN PUSAKA RAKYAT 02

Sri Rosmalina Soejono, Siti Mudrikah, Nia Amelia P, Cahyaning Adristi Hutami, Diana Anggun Maharani, Farah Aprilia, Jihan Azzah Nabila, Intan Ravicka Saputri, Amelia Putri, Mitha Nur Rahmawati, Nikita Maheswari

Abstract


Penelitian ini membahas tentang perundungan yang saat ini menjadi momok paling mengganggu dan rentan terjadi di jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menggali informasi seputar pengetahuan anak usia sekolah dasar mengenai perundungan serta menanamkan pemahaman sejak dini sebagai upaya dari pencegahan dan pengurangan perundungan di masa yang akan datang. Metode yang digunakan penulis merupakan metode kualitatif. Data yang diperoleh dari observasi adalah perundungan di mata anak sekolah dasar masih cukup awam meskipun tidak lagi asing dengan kata tersebut. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi dengan pemaparan materi, sesi tanya jawab kemudian pengisian kuesioner. Dalam penelitian ini memperoleh hasil penelitian usia anak sekolah dasar belum sepenuhnya mengerti apa yang dimaksud dengan perundungan dan menanamkan pemahaman sejak dini dapat dilakukan untuk menjadi bekal pencegahan terjadinya perundungan.


Kata kunci: Perundungan, Pemahaman, Sekolah Dasar


References


Andayani, T. R. (n.d.). Studi Meta-analisis: Empati dan Bullying.

Baliyo Eko Prasetyo, A. (n.d.). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak.

Kurnia, D., & Aeni, A. N. (2018). Indikasi Bullying Fisik pada Siswa SD dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak Menurut Tuntunan Agama. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11641

Muspita, A., Program Studi Bimbingan Konseling, M., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, F. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (Vol. 2).

Purnaningtias, F., Aika, N., Fasihah, L., Salman Al farisi, M., Sucipto, A., & Mei Biana Putri STKIP PGRI Sumenep, Z. (n.d.). ANALISIS PERAN PENDIDIKAN MORAL UNTUK MENGURANGI AKSI BULLY DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1).

Samsudi, M. A., & Muhid, A. (2020). EFEK BULLYING TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA (Vol. 2, Issue 2).

Suci, N., Jelita, D., Purnamasari, I., Aniq, D. M., & Basyar, K. (2021). DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK. In Jurnal Ilmiah Kependidikan (Vol. 11). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.