UPAYA PENCEGAHAN HOAKS DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Sri Rosmalina Soejono, Abednego Hadyu Dermawan, Crusscita Fuwan Maharani, Novalia Syafitri, Tiara Erlya Simarmata, Rizqon Fajar Brahmantyo, Zahrani Ramadhan, Ramzi Akbar Adha, Lili Nabila, Adinda Maharani Sofianti, Krismark Jorsano

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan wawasan pelajar mengenai hoaks serta upaya pencegahannya. Hoaks sering didefinisikan sebagai sesuatu yang tidak benar, palsu, dusta, penipuan, dan lainnya. Melalui teknologi komunikasi yang berkembang pada era globalisasi sekarang ini, kita bisa mendapatkan kabar, berita atau semacamnya secara cepat. Bisa dikatakan bahwa teknologi komunikasi sangat penting. Masyarakat rentan mengalami efek hoaks akibat dari kemajuan dan keberagaman media komunikasi yang tersedia untuk masyarakat. Hoaks dapat mempengaruhi pola pikir dan merubah karakter seseorang, karena itu perlu ditingkatkan kesadaran serta pemahaman pelajar akan hoaks. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan adanya hoaks dapat mempengaruhi kegiatan belajar siswa/i di dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan menyebarkan kuesioner kepada 25 responden, yaitu siswa/i SMPN 4 Babelan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat penyebaran hoaks di lingkungan sekolah masih cukup tinggi walaupun sudah mengetahui risiko dan cara pencegahannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, agar para pelajar menjadi penyaring yang lebih cerdas, selektif serta waspada terhadap segala berita ataupun informasi yang beredar, maka dilakukan webinar untuk menambah kesadaran dan wawasan pelajar mengenai hoaks.


Kata kunci: Hoaks, Pelajar, Komunikasi


References


Christiany. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya. [Artikel online]. Diakses dari. https://media.neliti.com/media/publica tions/261723-hoax-communication- interactivity-in-soci-2ad5c1d9.pdf.

Dian Eka Musthofa. (2021). Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Kemkes.go.id. [Artikel online]. Diakses dari. https://pusatkrisis.kemkes.go.id/selamat-memperingati-hari-remaja-seasia-01-agustus-2021

Husein, U. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali. Jendela Puspita. (2022).

Penulisan Artikel Ilmiah. [Artikel online]. Diakses dari. https://jendelapuspita.com/penulisan-artikel-ilmiah/pendidikan/J

Juditha, C. 2018. “Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation” Jurnal Pekommas, Vol. 3 No. 1, April 2018: 31-44. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.