PENGARUH BULLYING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nurbaiti Nurbaiti, Iska Rini Biolasari, Allycia Puspitasari, Oktaviani Enjel Kikasari, Rizky Laela Sari, Yusifa Nurul Arhamah, Muthia Dzahabiyyah Zahra, Amru Abbay, Niwan Arbi Ismail, Olantianus Bebi Maxrin, Fathan Ghani

Abstract


Bullying marak terjadi di Indonesia, termasuk di bidang pendidikan. Bullying merupakan masalah besar bagi pelajar di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditulis untuk membantu siswa memahami dan mencegah bullying. Metode penelitian kepustakaan adalah mengumpulkan informasi melalui analisis terhadap sumber-sumber yang berkaitan dengan pokok bahasan, seperti buku, majalah dan sejenisnya. Hal ini menyebabkan langkah-langkah proaktif dalam menangani kasus ini. Pelatihan anti-intimidasi merupakan bagian dari kurikulum dengan melakukan penilaian mengembangkan gaya belajar yang berbeda. Setiap elemen terkait penting dalam upaya sadar merancang pelatihan anti-bullying untuk menciptakan koordinasi yang baik untuk mencapai tujuan.


Kata Kunci : Pendidikan anti-bullying, asesmen formatif, sekolah menengah atas


References


Apriastuti, D. A. Analisis tingkat pendidikan dan pola asuh orangtua dengan perkembangan anak usia 48-60 bulan. Jurnal Ilmiah Kebiadanan , 4, (1), 1-10; 2013. Asrori, M. Mizan. 2018. “Peran Guru dalam Pencapaian Standar Proses Pendidikan”

Ballerina T & Immanuel A S. (2019). Menelisik perilaku perundungan pada siswa SMP di Yogyakarta.Jurnal ilmu perilaku.Volume 3 (1) : 18-31.

Chandra F O.2009.Studi deskriptif perilaku school ullying pada remaja SMA di Surabaya. [SKRIPSI].Universitas Surabaya,Surabaya,Indonesia

Faizah F. Amna Z.2017.Bullying dan kesehatan mental pada remaja sekolah menengah atas di banda aceh. International journal of child and gender studies.Vol 3 : (1).

Hurlook, E.B (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Https://Www.Academia.Edu/37923557/Peran_Guru_dalam_Pencapaian_Standar

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Oxford: Blackwell.

Pouwels, J.L., Lansu, T.A.M., & Cillessen, A.H.N. (2017). Adolescents’ explicit and implicit evaluations of hypothetical and actual peers with different bullying participant roles. Journal of Experimental Child Psychology 159, 219-241,

Proses_Pendidik, diakses pada 16 Maret 2022 pukul 13.05. Barker, S. 2010. Psychiatric and Mental Health Nursing – The Craft of Caring, Second Edition. Journal of Psychiatric and Mental Health Nursing.

Rice, F.P., & Dolgin, K. G. (2008). The adolescent: development, relationship and culture. Boston: Allyn and Bacon.

Rosen, L.H., DeOrnellas, K., & Scott, S.R. (2017). Bullying in school: perspectives from school staff, students, and parents. USA: Springer.

Schott R M.Sondergaard D M.2014.School Bullying.New theories context. Cambridge University press.

https://doi.org/10.1111/j.1365-2850.2009.01521.x file:///C:/Users/Niwan%20Arbi%20Ismail/Downloads/Arsita+Juni+2022%20(1).pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.