PERAN GURU DALAM MENGATASI KASUS PERUNDUNGAN DI SEKOLAH

Nurbaiti Nurbaiti, Intan Suci Ramadini, Johana Chandra Kasih Silalahi, Dias Erina Wati, Nabila Putri Setyono, Fajri Dzul Qudwah, Arhan Malik Alrasyid, Muhamad Fajri Permana Haryanto, Fadilah Kholifatun Nisa, Annisa Shintya Ariani, Muhammad Adi Zacky Zahran

Abstract


Bullying adalah kekerasan fisik, emosional, mental dan spiritual. Bullying bisa terjadi di mana saja, terutama di lingkungan pendidikan. Efek sasaran kekerasan bullying yang dialami oleh korban bullying adalah berbagai masalah kesehatan mental dan penyakit fisik. Oleh karena itu, korban bullying membutuhkan dukungan sosial dari keluarga dan teman-teman serta peran aktif dari guru untuk diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan bebas bullying di masa depan. Penindasan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkaji faktor-faktor penyebab kasus belajar siswa dan pengaruh peran aktif guru dalam mengatasi masalah bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari (1) kuesioner (2) wawancara (3) observasi (4) kuesioner dengan pemangku kepentingan untuk mendapatkan informasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlunya peran aktif guru berpengaruh signifikan terhadap pengurangan bullying di sekolah (Limilia & Prihandini, n.d.-b).

 

kata kunci : perundungan (bullying), peran aktif guru, lingkungan Pendidikan


References


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Limilia, P., & Prihandini, P. (n.d.-a). Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik-Bandung. https://doi.org/10.32509/am.v2i1.690


Refbacks

  • There are currently no refbacks.