PERAN KOMIK STRIP DALAM MENGEDUKASI KAMPANYE ANTI HOAX

Naura Putri Salsabila, Sierra Crystal, Nuraini Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi sebuah kampanye anti hoax melalui komik strip berbasis digital pada media sosial (twitter) kepada anak-anak remaja supaya tidak mudah menyebarkan suatu berita yang baru saja dibaca tanpa memeriksa kebenarannya terlebih dahulu. Metode penelitian ini menggunkan metode kualitatif, data-data penelitian ini merupakan hasil studi literatur dan riset dari artikel jurnal para ahli yang dijadikan sebagai acuan untuk pembuatan artikel. Penelitian ini mengungkapkan bahwa edukasi kampanye anti hoax yang telah dilakukan melalui komik strip berbasis digital pada media sosial (twitter) berhasil memberikan dampak positif yang dapat dilihat dari respon para pembaca komik strip tersebut. Dari hasil penelitian ini terlihat tingkat minat membaca pesan-pesan kampanye anti hoax pada komik strip orang-orang kian bertambah terutama pada anak-anak remaja. Hal ini juga membuktikan bahwa banyaknya waktu yang telah dihabiskan oleh orang-orang dengan membaca dan melihat berbagai konten twitter pada smartphone di setiap harinya.

 

Kata kunci: hoax, Komik Strip, Media Sosial


References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa., 2873.

Chen, Y. Y., Yong, S.-P., & Ishak, A. (2014). Email Hoax Detection System Using Levenshtein Distance Method. J. Comput., 9(2), 441–446.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2011). The Sage handbook of qualitative research. sage.

Eriyanto. (2002). Analisis framing: Konstruksi, ideologi, dan politik media. LKiS.

Fauzi Ridwan, M. (2017). Kapolri Ungkap Alasan Susahnya Tangkal Berita Hoax. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/17/01/03/oj6q8z335-kapolri-ungkap-alasan-susahnya-tangkal-berita-hoax

Gamson, W. A. (1989). News as framing: Comments on Graber. American Behavioral Scientist, 33(2), 157–161.

Goffman, E. (1974). Frame analysis: An essay on the organization of experience. Harvard University Press.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Maharsi, I., Pamungkas, E. A., & Oemank. (2011). Komik: dunia kreatif tanpa batas. Kata buku.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mosal.

Moore, A. B., Nowostawski, M., Frantz, C., & Hulbe, C. (2018). Comic strip narratives in Time geography. ISPRS International Journal of Geo-Information, 7(7), 245.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Octavia, D., & Fadilla, A. N. (2017). Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Kanker Serviks Terhadap Remaja Wanita di Kota Jakarta. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 200–215.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku pengguna dan informasi hoax di media sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70.

Saputro, G. E., & Haryadi, T. (2018). Edukasi Kampanye Anti Hoax Melalui Komik Strip. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 238. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1550

Saputro, G. E., & Haryadi, T. E. (2019). Komik Strip Dan Fenomena Clickbait. Titik Imaji, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.30813/.v2i1.1528

Sari, K., & Bogdan, R. (1992). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods.

Septiana, N. Z., & Wahyu, M. (2021). Dampak Berita Hoax pada Masyarakat (Studi Fenomenologi Kelurahan Ngronggo Kota Kediri). NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 207–216.

Silverman, D. (1993). Beginning research. Interpreting qualitative data. Methods for analysing talk, text and interaction. London: Sage Publications.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. Bandung: Cv. Alfa Beta.

Tashandra, N. (2017). Media sosial penyebaran hoax dan budaya berbagi. Diakses Dari Http://Nasional. Kompas. Com/Read/2017/02/14/09055481/Media. Sosial. Penyebaran. Hoax. Dan. Budaya. Berbag.

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye Panduam Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Walsh, L. (2006). Sins against science: the scientific media hoaxes of Poe, Twain, and others. SUNY Press.

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.

Zed, M. (2008). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.