PENCEGAHAN PENGARUH PERILAKU KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP BULLYING

Wijaya Putra Sijabat, Ahluddin Saiful Ahmad, Imroatul Wahidah, Adella Nathalia Putri, Amorisha Fathya Hinowna, Artanti Zena Salim, Nadya Fitria, Novita Febriyanti, Anita Rizky Lestari, Elsa Putri, Dylen Grice De Wanna

Abstract


Penulisan ini membahas tentang pencegahan perilaku sekelompok teman pada suatu tindakan bullying yang kerap terjadi di berbagai aspek bersosialisasi dalam lingkungan salah satunya lingkungan Pendidikan seperti sekolah. Perilaku bullying berupa Tindakan kekerasan, menolak berteman dalam sekelompok teman, menghina, dan perilaku negatif lainnya. Sekolah seharusnya menjadi tempat untuk menuntut ilmu dan bersosialisasi yang baik kepada antar teman maupun guru, tetapi tidak jarang sekolah menjadi tempat terjadinya bullying. Faktor pengaruh kelompok teman sangat berperan dalam perilaku bullying pada remaja di sekolah karena kebanyakan dari siswa yang menginjak masa remaja kurang memperhatikan tekanan pengaruh perilaku negatif pada sekelompok teman terhadap bullying sehingga mereka menerima dan melakukan perilaku bullying. Pencegahan dalam meminimalisasi faktor-faktor terjadinya perilaku bullying berbagai macam cara pencegahan nya dalam mengontrol perilaku-perilaku siswa sekolah yang mengarah pada perilaku bullying.

Kata kunci: bullying, sekolah, teman


References


Arikunto, (2002:108) Prosedur penelitian, metode praktis: Jakarta.

E. Nugroho, “Pengertian Kuesioner”, Prinsip-Prinsip Pengembangan Kuesioner, Malang: UB Press, 2018, hlm.12. dua puluh satu.

Kusuma, C. (2015). Pengaruh Kesesuaian Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA Lumbung Pustaka UNY. Uny.ac.id.

Cedar dan liar. 2007. Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.