PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMAN 112 JAKARTA BARAT

Rafael Yohanes, Ahluddin Saiful Ahmad, Syifa Hasanah, Elvinta Chariza, Muhammad Rizki, Zahra Aurellia, Tegar Egi, Nabil Safwan, Faladz Aulia, Indraswara Dirgantara, Gatra Frans

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pemahaman bullying terhadap kepercayaan diri siswa SMAN 112 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan survey dan memberikan kuisioner yang telah disiapkan kepada siswa/i SMAN 112 Jakarta Barat. Observasi dilakukan untuk mengetahui dampak perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa dalam dunia pendidikan dan pemberian kuesioner kepada siswa/i SMAN 112 Jakarta Barat. Sumber data penelitian yaitu siswa/i SMAN 112 Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa/i SMAN 112 Jakarta Barat Siswa/i setuju mengenai pemahaman yang meliputi cara mencegah dan menciptakan suasana yang saling mendukung satu sama lain. Beberapa korban memiliki kurang kepercayaan diri ketika responden pernah menjadi pelaku dan atau korban bullying. Kurangnya kepercayaan diri dan juga mengenai kesadaran bullying bagi orang lain dan bagi si pelaku.

 

Kata kunci : Perundungan; Kepercayaan Diri Siswa; Dunia Pendidikan


References


Budi, Sulistyo. (2014). Studi Kelayakan Pengembangan Perumahan Karyawan PT. Krakatau Posco di Cilegon, Banten. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Teknik Planologi Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Firdiansyah. (2012, 08 Juli). Usulan Rencana Tapak Terminal Terpadu Pemda DKI Jakarta. [Artikel Online]. Diakses dari http://www.beritaiptekjakarta.com.

Rachman, Abd. (1992). Rancangan Pemulihan Rumah. Jakarta: Transmedia.

Subowo. (2002). Warta Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Planesa, 24(1). Pusat Pengembangan Jurnal UEU, Jakarta.

Ribgy. (2003). Bullying. [Jurnal Online]. Diakses dari https://jurnal.unpad.ac.id Olweus. (2005). Playing Pada Siswa. [Jurnal Online]. Diakses dari https://journal.student.uny.ac.id

Pemerintah Republik Indonesia. Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2002 Pasal 54 Tentang Perlindungan Anak.

Verlinden, Hersen, & Thomas. (2000). Bullying Looping Problem. [Artikel Online]. Diakses dari https://www.scribd.com

Sejiwa. (2008). Bullying. [Jurnal Online]. Diakses dari

https://jurnal.unpad.ac.id

Siswanti, Widyanti. (2009). Pengertian Perundungan. [Artikel Online]. Diakses darihttps://konsultasiskripsi.com

Flynt, Marton. (2006). Pengertian Perundungan. [Artikel Online]. Diakses darihttps://konsultasiskripsi.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.