TANGGAPAN PERILAKU BULLYING MENURUT SISWA KELAS VIII SMPN 89 JAKARTA BARAT

Riyan Maulana Alfin, Ahluddin Saiful Ahmad, Ragil Putri Khayana, Ninis Permatasari, Dede Poppy Ristiwati, Najla Shabrina, Fitri Auliah, Susana Salsabila, Siti Julaeha, Angellica Berliana Dewi, Syiffa Revyta Ar Syach

Abstract


Maraknya kasus bullying yang sebagian besar sering terjadi dalam lingkungan pendidikan, seakan membuat lubang hitam dalam cahaya terang. Tempat yang seharusnya menjadi sumber belajar paling nyaman namun berbeda pandangan ketika di dalamnya terdapat kasus pembulian, maka dari itu sudah seharusnya memiliki nilai moral yang tinggi untuk kesadaran diri terhadap sesama. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan cara mengambil sampel data secara langsung, jumlah sampel sebanyak 50 siswa kelas VIII Smp Negeri 89 Jakarta Barat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang menunjukkan respon Setuju sebanyak 30%, Sangat Setuju 22%, Netral 17%, Tidak Setuju 19%, dan Sangat Tidak Setuju 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sekolah tersebut memiliki tingkat kepedulian akan tindakan Bullying cukup tinggi karena dilihat dari respon kuesioner yang menunjukan jawaban tidak mendukung perilaku Bullying, yang terjadi di lingkungan sekolah.

 

Kata kunci: Bullying, Perundungan, Sekolah, Siswa


References


Amellia, D., & Sitasari N., W., (2018). Gambaran intimacy pada perempuan dewasa yang telah menikah dan mengalami perceraian orang tua. 1-9.

Beane, A. L. (2008). Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey- Bass A Wiley Imprint.

Kamila, Y. N., Laksono, B. A., & Karwati, L. (2022). Peningkatan kepekaan pada korban Bullying di lingkungan pendidikan. Jurnal Pendidikan Modern, 7(3), 123–127. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.468

Kustanti, E. R. (2015). Gambaran Bullying Pada Pelajar Di Kota Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 14(1), 29–39. https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.29-39

Kusuma., & Monicka, P. (2016). Perilaku school bullying pada siswa sekolah dasar negeri delegan 2, Dinginan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. https://www.ptonline.com/articles/ho

w-to-get-better-mfi-results

Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Massachussetts: Blackwell Publishing.

Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237. https://doi.org/10.26714/jkj.7.3.2019.

-246

Rigby, K. (2007). Bullying in school: and what to do about it. Camberwell: ACER Press.

Safitri, N. A. (2018). Pengaruh pendidikan kesehatan melalui audiovisual terhadap tingkat pengetahuan dan norma subjektif remaja tentang bullying. Skripsi. http://eprints.ums.ac.id/59879/14/BA B I.pdf

Wicaksana, A. I. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri dan Perilaku Bullying di Sekolah. In Hubungan antara kontrol diri dan perilaku bullying. http://hdl.handle.net/123456789/1969

Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus Bullying di Sekolah. Research Gate.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352


Refbacks

  • There are currently no refbacks.