PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP TOLERANSI PERBEDAAN DI INDONESIA

Siti Apipah, Dewi Sari Sumitro, Silva Cahya Utami, Mutiara Tri Amalia, Novera Asia Putri, Mia Melinda, Balkis Nurhanifah, Lintang Prabandari, Carladita Anggreany, Aprilia Zennie Lestari

Abstract


Mahasiswa menyandang gagasan imajiner, yang berarti mereka memiliki paham yang energik dan teguh terhadap beraneka rupa persoalan yang sedang dihadapi, ditangani, dan yang akan menegakkan otoritasnya, serta mahasiswa merupakan figur yang dianggap sebagai laskar masa depan untuk mengulas, atau menunjukkan figur pemimpin dari masa sekarang. Tujuan penelitian ini adalah supaya memahami pentingnya toleransi. Metode pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, serta dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Dalam penelitian ini, data diakumulasi melalui sumber data primer yakni wawancara. Peneliti melakukan penelitian ini dengan mewawancarai 13 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toleransi perbedaan di Indonesia masih rendah menurut persepsi mahasiswa Universitas Esa Unggul.

 

Kata kunci: Toleransi, Perbedaan, Mahasiswa diikhtiarkan untuk mudah dimengerti oleh berbagai pihak, baik peneliti maupun praktisi


References


Ellias, Nobert. 2011. Sociology, Key Concept, ed. John Scott. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1996. Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Jamrah, S. A. (2017). Jurnal Ushuluddin. Toleransi Antarumat Beragama: Perspektif Islam. 23(2). 185-200. Diterima dari http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/ushuludin/article/viewFile/1201/1565

Muharam, R. S. (2020). Jurnal HAM. MEMBANGUN TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI INDONESIA BERDASARKAN KONSEP DEKLARASI KAIRO. 11(2). 269-283.

Azmi, R., & Kumala, A. (2019). Multicultural personality pada toleransi mahasiswa. Tazkiya Journal of Psychology, 7(1), 1-10


Refbacks

  • There are currently no refbacks.