PENTINGNYA KOMUNIKASI INTERPERSONAL SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISASI BULLYING PADA SISWA SMAN 65 JAKARTA

Aqila Ibrahim, Ario Pamungkas, Cut Asyifa Aura Zahra, Laura Desmahesha

Abstract


Bullying merupakan salah satu tindak kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis mental maupun spiritual. Perilaku bullying bias terjadi dimana saja baik itu di lingkungan rumah, tempat bermain, termasuk lingkungan pendidikan. Sasaran dari kekerasan tersebut biasanya kepada orang yang lebih lemah. Lalu bangaimana upaya dalam meminimalisasi bullying terhadap lingkungan pendidikan terutama di SMAN 65 Jakarta. Penelitian ini memberikan pemahaman betapa pentingnya komunikasi interpersonal sebagai upaya meminimalisasi bullying pada siswa SMAN 65 Jakarta. Yang bertujuan memberikan pemahaman mengenai pentingnya komunikasi interpersonal untuk meminimalisasi bullying dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk berani berbicara kepada teman sebaya melalui your speak up dan fear class pada siswa SMAN 65 Jakarta. Penelitian mengunakan metode kuantitatif dalam mengumpulkan data melalui wawancara dan kuesioner, dalam implementasinya terdapat metode utama dan kedua.  Metode utama yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah  your speak up class yaitu siswa akan  membagikan pengalaman mereka melalui sticky note kemudian dikumpulkan kepada kami. Selanjutnya kami akan memanggil siswa terpilih untuk menceritakan apa yang telah ditulis dan akan diberikan solutions handling oleh mahasiswa. Metode yang kedua fear class dengan melakukan pengumpulan data melalui  pengisian kuesioner oleh responden. Kedua hal ini menjadi bagian dari tindakan preventif kami sebagai upaya meminimalisasi bullying pada siswa SMAN 65 Jakarta.

 Kata Kunci: bullying, pentingnya, interpersonal, SMA, siswa,  Jakarta   


References


Arni Muhammad, 2005. Pengertian Komunikasi Interpersonal, Jakarta: Bumi Aksara.

Effendy,Onong Uchjana, 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Aw, Suranto. 2011. Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiryanto, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Wiasarana Indonesia.

Sejiwa, 2008. Bullying. “Bullying dimana terjadinya penyalahgunaan kekuatan atau kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok”, Jakarta.

Coloroso. 2007. Bullying. “Mengartikan bullying sebagai suatu penindasan dengan melibatkan empat unsur”, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Coloroso, Barbara.

Stop Bullying, Memutus rantai kekerasan anak dari prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Indonesia. 2002. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Pasal 54.

Sumber Internet https://rsamino.jatengprov.go.id/dampakpsikologisk orbanperundungan/#:~:text=Berdasarkan%20data %20KP

AI%20pada%20tahun,dari%20berbagai%20pihak %20yang%20terkait.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.