DAMPAK KASUS PERUNDUNGAN DI KALANGAN PELAJAR SMAN 13 TANGERANG

Abdullah Fauzan, Alfiyanti Alfiyanti, Aurin Herlin, Della Prayulia, Mohammad Alamsyah, Muhammad Satria, Nadhira Sahara, Putri Manan, Shelma Annisya, Zaqi Faruqi

Abstract


Perundungan merupakan sebuah tindakan seseorang yang merendahkan dan menyakiti orang lain melalui perkataan ataupun tindak fisik. Perundungan sendiri banyak kita temukan di banyak tempat mulai dari lingkungan masyarakat, sekolah, bahkan di lingkungan tempat kerja pun bisa terjadi tindakan perundungan, jelas ini sangat mengkhawatirkan karena dampak dari perundungan ini sangat lah menakutkan bagi korban jika tidak ditangani dengan baik, mulai dari gangguan mental yang menyebabkan korban merasa tidak percaya diri, tidak bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, bahkan ada yang korban yang memutuskan bunuh diri karena tidak kuat menahan rasa malu atas semua perilaku perundungan yang mereka dapat. Dari beberapa tempat yang memungkinkan terjadinya tindakan perundungan yang sudah penulis jabarkan diatas, penulis sangat khawatir dengan tindakan perundungan yang terjadi di sekolah, karena penulis berpendapat sekolah merupakan tempat bagi anak-anak untuk belajar dan mengembangkan bakat untuk masa depan mereka, namun pada kenyataanya sekolah merupakan tempat yang menakutkan bagi beberapa siswa karena di sekolahlah tempat banyaknya kasus perundungan terjadi dan tentunya kasus perundungan ini pasti akan meninggalkan dampak bagi korban yang mengalaminya. Untuk mengetahui dampak apa saja yang timbul dari kasus perundungan yang terjadi di sekolah penulis pun memutuskan untuk memberi judul penelitian ini dengan judul “Dampak Kasus Perundungan Di Kalangan Pelajar Studi Kasus SMAN 13 Tangerang”. Adapun rumusan masalah yang diteliti yaitu “ Dampak apa saja yang dialami korban perundungan di SMAN 13 Tangerang”. Untuk mengetahui dampak yang dialami oleh korban perundungan secara mendalam penulis menggunakan penelitian deskriptif sebagai metode penelitian pada penelitian ini, penelitian deskriptif ini juga ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis agar dapat mengumpulkan data dan fakta yang valid sehingga memberikan gambaran pada objek yang diteliti oleh penulis. Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) Siswa yang seperti apa yang biasa melakukan perundungan terhadap siswa lain. (2) Apa yang dilakukan korban perundungan ketika mereka mendapatkan perundungan dari pelaku. (3) Faktor-faktor apa yang membuat terjadinya perundungan. (4) Dampak apa yang dirasakan korban perundungan setelah dirundung.

 

Kata Kunci : siswa, guru, perundungan, dampak


References


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA DALAM MELAKUKAN BULLYING | ZAKIYAH | Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (n.d.).

Khudhori, A., & Ag, S. M. (n.d.). SKRIPSI PENGARUH BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN MALANG.

Pendidikan Karakter - Vina Febiani Musyadad, Agung Nugroho Catur Saputro, Agung Prihatmojo, Salamun Salamun, Hani Subakti, Mesra Wati Ritonga, Siska Yulia Rahmi, Iskandar Kato, Anna Leli Harahap, Fenny Ayu Monia, Asri Yulianda - Google Buku. (n.d.).

Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (2022). DAMPAK BULLYING TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (STUDI KASUS) DI RAUDHATUL ATHFAL MAWAR GAYO. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 15–32. https://doi.org/10.22373/BUNAYYA.V8I2.14468

Silviyati, M., Dwi Putri, V., Konseling Pendidikan Islam, B., & Tarbiyah, F. (2022). Dampak Negativ Verbal Bullying Bagi Siswa. Coution : Journal of Counseling and Education, 3(2), 128–135. https://doi.org/10.47453/COUTION.V3I2.803

Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374

Viviani, A. S., Hairunisa, H., Sos, S. M. M., Kristanto, A. A., & Psi, S. (2018). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING SISWA. 6(3), 2502.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.