PERAN MAHASISWA DALAM MENANGANI KASUS PERUNDUNGAN PADA GENERASI MASA KINI
Abstract
Bullying atau perudungan merupakan tindakan seseorang yg mengintimidasi atau menghambat insan yg tidak selaras serta berdampak buruk bagi penderita yang di-bully. Bullying atau biasa kita sebut dengan bullying, tak jarang kita lihat atau alami sendiri dalam kehidupan sehari-hari. ini bisa timbul pada mana saja dan buat semua orang. Bullying terjadi dalam aneka macam bentuk, yaitu secara fisik, ekspresi, sosial, serta cyberbullying. di tahun 2021, Komisi Keselamatan Bayi Indonesia (KPAI) mencatat 53 masalah bullying di lingkungan sekolah serta 168 perkara bullying di global maya, kemudian pada tahun 2022 KPAI mengumumkan perkara bullying berupa kekerasan fisik dan intelektual yg terjadi di lingkungan kampus. lingkungan sebanyak 226 insiden. gosip membagikan bahwa masalah perundungan masih marak terjadi, khususnya pada generasi sekarang. akibat penelitian ini juga diharapkan membantu mahasiswa menemukan perannya dalam menangani perundungan pada generasi masa sekarang.
Kata kunci : perundungan, korban, mahasiswa
References
American Psychological Association. (2008). Https://Www.Apa.Org/Topics/Bullying.
depoedu.com. (2022). Https://Www.Depoedu.Com/.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Https://Www.Kpai.Go.Id/Publikasi/Sejumlah-Kasus-Bullying-Sudah-Warnai-Catatan-Masalah-Anak-Di-Awal-2020-Begini-Kata-Komisioner-Kpai.
Amnda, V., Wulandari, S., Wulandari, S., Syah, S. N., Restari, Y. A., Atikah, S., Engkizar, E., Anwar, F., & Arifin, Z. (2020). Bentuk Dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 5(1), 19–32.
Feinberg, T., & Robey, N. (2009). Cyberbullying. The Education Digest, 74(7), 26.
Herawati, N., & Deharnita, D. (2019). Gambaran faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying pada anak. NERS Jurnal Keperawatan, 15(1), 60–66.
Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara pemaafan dengan kesejahteraan psikologis pada korban perundungan. Jurnal Empati, 7(1), 274–282.
Olweus, D. (1994). Bullying at school. In Aggressive behavior (pp. 97–130). Springer.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, R., & Hermawati, I. (2018). Upaya pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna media sosial di Indonesia. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 131–146.
Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long-term effects of bullying. Archives of Disease in Childhood, 100(9), 879–885.
Refbacks
- There are currently no refbacks.