EDUKASI KEKERASAN SEKSUAL PADA SISWA KELAS 11 SMK AL CHASANAH JAKARTA BARAT

Sindi Rahmawati, Dhea Amaliani, Tia Kusumah, Anita Indriani A.S, Felisha Aulia, Salma Haerani, Miftahul Aisyah, Shindy Noviriani F.D, Siti Umi H, Aifa Zulfa

Abstract


Kasus kekerasan seksual saat ini banyak terjadi kepada remaja. Kekerasan seksual di kalangan remaja adalah segala bentuk pemaksaan atau ancaman untuk melakukan aktivitas seksual. Aktivitas seksual yang dapat berupa meraba-raba, asusila bahkan perkosaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik literatur review atau studi literatur review yang dilakukan dengan cara mencari data-data melalui jurnal, artikel, skripsi, dll. Studi literatur ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kekerasan seksual kepada siswa kelas 11 di SMK Al CHASANAH, Jakarta Barat. Dari hasil penelitian ini ada sebagian siswa/siswi yang sudah paham mengenai kekerasan seksual namun ada juga yang belum paham. Edukasi mengenai kekerasan seksual sangat penting ditanamkan sejak dini, karena saat ini banyak remaja yang mengacuhkan hal tersebut. 


 Kata kunci:Kekerasan seksual, remaja,dan  edukasi

References


Darmiany et al. 2020. “Pentingnya Pendidikan Seksual.” sosialisasi pelaksanaan pendidikan seksual pada anak kepada orang tua dan guru sdn gugus iv kota mataram 3: 279.

Delfina, Rina, Nurmukaromatis Saleha, Sardaniah Sardaniah, and Nurlaili Nurlaili. 2021. “Pengertian Masa Remaja.” hubungan pengetahuan tentang seksual dengan antisipasi terhadap risiko kekerasan seksual pada remaja 8: 70.

Kayowuan Lewoleba, Kayus, and Muhammad Helmi Fahrozi. 2020. “Studi Faktor-Faktor Terjadinya Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak-Anak.” Esensi Hukum 2(1): 27–48.

Purbararas, esmu diah. 2018. “Kekerasan Seksual Di Kalangan Remaja.” problema traumatik : kekerasan seksual pada remaja 2: 65.

Safita, Reny. 2013. “Faktor Pentingnya Dari Pendidikan Seksual.” peranan orang tua dalam memberikan pendidikan seksual pada anak 4: 36–37.

Septiani, Reni Dwi. 2021. “Pentingnya Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 10(1): 50–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.