ANALISIS DAMPAK PERILAKU BULLYING DI SMK CITRA NUSANTARA

Aurellia Sahitya, Annisa Putri, Anindya Apriliani, Andres Ilfana, Firdaus Wijaya, Intan Wardah, Isnaini Mudmainah, Mukti Kurniawati, Rita Cahayati, Valentino Valentino

Abstract


Bertujuan untuk dapat mengetahui jenis bullying, faktor perilaku bullying yang dialami siswa di sekolah, mengetahui dampak perilaku bullying, dan cara mengatasi bullying di sekolah. Subjek terdiri dari siswa SMK Citra Nusantara. Proses pengolahan data menggunakan deskripsi, pengelompokkan, dan analisis data. Dengan mendeskripsikan, diharapkan membuka pemahaman peserta untuk memahami arti bullying dan kemungkinan tindak perilaku bullying. Jenis perilaku bullying merupakan bullying fisik, verbal, serta bullying non verbal. Hal yang menyebabkan korban dibully karena kurang bersosialisasi, sehingga dianggap tidak menarik oleh teman-temannya, dan merupakan siswa yang kurang aktif bersosialisasi serta kurang percaya diri. Dampak perilaku bullying di sekolah, yaitu subjek merasa tertekan, merasa sendiri, memar, malu, takut, menangis, dan mengalami gangguan psikologis.


Kata kunci : Bullying, korban, siswa, faktor, dampak bullying

References


Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D, Bandung: Alfabeta, h. . 231

Vivolo A, Mathew R. What is Bullying? [Internet]. 2014 [cited 2016 Jul

.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.