ANALISIS DAMPAK PSIKOLOGIS TERJADINYA KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Gusti Wulandari, Ayumi Permana, Nadia Dahmi, Aulia Nur Cahyati, Erina Sandriani, Denis Aditiansyah, Bayu Sukmo Adji, Winky Hermin, Nur Muhammad Fadilah, Muhammad Nafi Abdillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami kondisi sosial dan dampak psikologis yang dialami oleh korban pelecehan seksual di lingkungan SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Prosedur sistematis yang dilakukan untuk memastikan kebenaran, keadaan, dan alasan dari konsekuensi fenomena yang diatur oleh penalaran logis. Peneliti menganalisis dampak psikologis yang dialami oleh korban kekerasan seksual selaku subjek penelitian dengan menggunakan teknik wawancara dan menyajikan hasil penelitian berupa gambaran mengenai kasus kekerasan seksual yang ada dan dampak psikologis subjek yang menjadi korban dalam peristiwa traumatis tersebut. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tindak kekerasan seksual sangat berpengaruh pada kondisi psikologis korban dan dampak yang ditimbulkan dapat berupa munculnya rasa takut berlebih, cemas, dan mudah gugup.

 

Kata kunci: Kekerasan seksual, dampak psikologis, sekolah


References


Wilkins, N. et al. (2014). Connecting the Dots : An Overview of the link among multiple Forms of Violence.

UNICEF. (2014). Hidden In Plain Sight: A Statistical Analysis of Violence Against Children. New York: United Nations Childrens Fund.

Mashudi dan Nur’aini, (2015). Pencegahan Kekersan Seksual pada Anak Melalui Pegajaran Personal Safety Skills. Jurnal Metodik Didaktik, Vol. 9, No. 2. 63.

Yuwono, Ismantoro Dwi. (2015). Penerapan Hukum dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.