PERAN SEKOLAH DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN PERUNDUNGAN (STUDI KASUS: SMP NEGERI 111 JAKARTA BARAT)
Abstract
Peran sekolah dalam mencegah perundungan sangat penting karena dampak negatifnya terhadap kesejahteraan sosial dan emosional siswa. Strategi dan program berbasis bukti untuk mencegah intimidasi termasuk menciptakan iklim sekolah yang positif, mengajarkan keterampilan sosial dan emosional, memiliki konsekuensi yang jelas untuk perilaku intimidasi, dan melibatkan semua pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan intervensi tersebut melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa. Temuan penelitian ini akan berkontribusi pada pemahaman tentang strategi yang efektif untuk mencegah intimidasi di sekolah dan menginformasikan penelitian selanjutnya di bidang ini.
Kata kunci : Sekolah Menengah Pertama, Perundungan
References
Cipto, Hendra (2022). Psikologis Korban Perundungan Terganggu dan Tidak Mau Masuk Sekolah Lagi [Artikel Online]. Diakses dari
https://makassar.kompas.com/read/2022/01
/14/133450478/psikologis-korban- perundungan-terganggu-dan-tidak-mau- masuk-sekolah-lagi?page=2
Cresswell, J. W. 2018. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (Memilih di antara Lima Pendekatan). Diterjemahkan oleh Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hidayat, Mohammad Arief dan Aditya, Lucky. (2020). Diakses dari https://www.viva.co.id/berita/nasional/126 1511-siswa-korban-bullying-trauma- karena-merasa-cacat-usai-jarinya-dipotong
Muliani, H., Pereira, R. (2018). Why Children Bully. PT. Grasindo.
Patras, Yuyun & Sidiq, Fajar. (2020). DAMPAK BULLYING BAGI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIKA: Jurnal
Pedagogika dan Dinamika Pendidikan. 5. 12-24.
30598/pedagogikavol5issue1page12-24.
Syah, M. H. (2015). Mensos: Bunuh Diri Anak Indonesia 40 Persen karena Bullying [Artikel Online]. Diakses dari https://www.liputan6.com/news/read/2361 551/mensos-bunuh-diri-anak-indonesia-40- persen-karena-bullying
Refbacks
- There are currently no refbacks.