PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DI SEKOLAH DAN EFEKNYA TERHADAP PRESTASI

Steven Kurniawan, Harsya Kurniawan, Mega Gumanti, Bintang Muharam, Arrad Pangestu, Nurayunda Putri, Rizka Putri, Chenyu Zhang

Abstract


Bullying adalah tindakan tidak terpuji yang menyebabkan kerugian fisik dan psikologis bagi korban. Lebih buruk lagi, bullying sering terjadi di lingkungan sekolah. Bullying di sekolah dapat menghambat perkembangan siswa secara akademik ataupun sosial. Bullying juga membuat siswa merasa ditolak oleh lingkungannya dan merasa tak diinginkan. Tujuan: memberikan gambaran mengenai karakteristik perilaku bullying, faktor dominan yang melatarbelakangi terjadinya bullying, dan upaya penanganan yang dilakukan oleh korban untuk mengatasi bullying yang dialaminya. Metode: kualitatif deskriptif melalui proses wawancara, sesuai dengan pedoman yang telah dibuat. Hasil: menunjukkan bahwa perilaku perundungan yang cenderung hanya peduli dengan keinginan dan kepuasannya sendiri, dan tidak mau peduli dengan perasaan korbannya. Faktor yang mendominasi terjadinya tindakan perundungan tidak lepas dari adanya keinginan untuk disegani oleh juniornya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui proses wawancara. Menurut temuan penelitian ini, perilaku bullying semata-mata dimotivasi oleh keinginan dan kepuasannya sendiri dan tidak mempedulikan perasaan korbannya. Keinginan untuk dihormati oleh junior merupakan faktor yang mendominasi terjadinya tindakan bullying.


Kata kunci : perilaku perundungan, siswa, perundungan


References


Ayu Wangi Wulandari, D. T. (2018). KARAKTERISTIK PELAKU DAN KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 11 SURABAYA. 2-9.

Rischa Pramudia Trisnani 1), S. Y. (2016). PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 1

Tahun 2016, ISSN. 2541-6782,1, 2-4.

Rochayatiningsih, I. (2013, Januari 16). PERILAKU BULLYING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LINGKUNGAN SEKOLAH.

Retrieved Januari 16, 2014, from http://repository.upi.edu/id/epri nt/5073

Trevi, W. S. (2012, Juni). SIKAP SISWA KELAS X SMK Y TANGERANG TERHADAP BULLYING. Jurnal Psikologi Volume 10 Nomor 1, Juni

, 10, 2-10.

Yandri, H. (2014). PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN. Jurnal Pelangi Vol. 7 No.1 Desember 2014 (97-107), 7, 2-

Retrieved from ejournal.stkip-pgri- sumbar.ac.id/index.php/pelangi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.