UPAYA MENCEGAH PEMBULLYAN SISWA-SISWI DI SMKN 13 MELALUI PENAYANGAN VIDEO EDUKASI
Abstract
Laporan penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di SMKN 13 Jakarta mengenai kasus pembulian. Banyaknya kasus pembulian di berita berakibatkan luka baik secara psikis maupun fisik. Kebanyakan kasus pembulian ini terjadi di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan pencegahan terkait bullying dengan diadakannya sebuah edukasi terkait perundungan. Penelitian ini dilakukan khusus untuk SMKN 13 Jakarta dengan melakukan penayangan video, presentasi mahasiswa, dan wawancara. Bukan hanya untuk mengedukasi siswa tetapi juga menggali informasi untuk mengetahui bagaimana sudut pandang siswa terhadap pembulian, dengan mengetahui sudut pandang siswa maka akan diketahui apakah siswa cukup teredukasi terhadap dampak yang begitu besar dari pembulian. Metode yang digunakan adalah melakukan wawancara kepada siswa – siswi. Hasil dari proyek menunjukkan bahwa Bullying adalah sebuah tindakan atau perilaku agresif yang disengaja, yang dilakukan oleh sekelompok orang atau seseorang secara berulang-ulang dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya Perilaku bullying di lingkungan sekolah dapat menciptakan suasana lingkungan yang kurang mendukung terhadap perkembangan siswa, baik dalam bidang akademik maupun bidang sosial. Perilaku bullying dapat menyakiti siswa, sehingga mereka merasa tidak diinginkan dan ditolak oleh lingkungannya. Hal ini tentunya akan membawa dampak yang buruk bagi Kesehatan mental maupun fisiknya.
Kata kunci : siswa, sekolah, dampak, mental, korban, edukasi
References
Edukasi adalah Pendidikan, Ketahui Jenis-jenis dan Manfaatnya. (n.d.). Retrieved December 29, 2022, from http://disdik.jambikota.go.id/ berita/detail/edukasi-adalah-pendidikan-ketahui-jenisjenis-dan manfaatnya
Fitria, Y. (2022). Kesehatan Mental. https://www.google.co.id/books/edition/Kesehatan_Mental/gbSYEAAAQBAJ?hl=en &gbpv=1&dq=kesehatan+m ental&pg=PA46&printsec=fr ontcover
Hendra, P. (2018). Perilaku Delinkuensi. https://www.google.co.id/bo oks/edition/Perilaku_Delinkuensi/AMNEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=bully+perubahan+perilaku+anak&pg=PA170&printsec=frontcover
Jimerson, S. R., Swearer, S. M., & Espelage, D. L. (2009). Handbook of Bullying in Schools: An International Perspective, 1–614. https://doi.org/10.4324/9780203864968
Maghfiruh, N. (2021, December). View of Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/241/155
Nusantara, A. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah & Lingkungan. 125.Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart, edisi Indonesia 11-GoogleBooks.(n.d.). Retrieved December 29,2022.https://www.google.co.id/books/edition/Prinsip_dan_Praktik_Keperawatan_Kesehata/WamJEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=perundungan&p g=PA493&printsec=frontcover
Priyatna, A. (2010). lets end bullying.
Ryan, R. (2019). The OxfordHandbook of Human Motivation - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=j9ShDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA11&dq=(Schunk,+2012&ots=loLLZj_90j&sig=FW9niWdRt6R6LrAqZRqiL3lYtWY&redir_esc=y#v=onepage&q=(Schunk%2C%202012&f=false
Sari, P. (2019). Waspada Perundungan (Bullying) di Sekitar Kita. Suara Psikologi: Untuk Insan Indonesia, 166. https://books.google.co.id/books?id=owigDwAAQBAJ&pg=PA91&dq=perundungan&hl=en&sa=X&ved=2ahUKEwimpvawzbjqAhWLX30KHQizBhYQ6AEwA3oECAQQ Ag#v=onepage&q&f=false Sullivan, Keith. (n.d.). The anti-bullying handbook.
Wati, N. (Nasyrah), Yuniar, N. (Nani), & paridah, P. (paridah). (2017). Pengaruh Intervensi Penayangan Video terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Sdn 10 Kabawo Tahun2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat
Unsyiah, 2(5),186689. https://www.neliti.com/publi cations/186689/
Yuliatin. (2020). View of PERILAKU PERUNDUNGAN (BULLYING) DAN DAMPAKNYA BAGI ANAK USIA SEKOLAH (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat). https://www.juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam/article/view/140/71
Refbacks
- There are currently no refbacks.