PENCEGAHAN CYBERBULLYING PADA GENERASI Z MELALUI SOSIALISASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Hanna Maylafaiza, Marshanda Marshanda, Dhita Nayla, Reifa Shalimar, Arini Yanti, Shendy Satriadi, Hanifah Hapsari, Bernadetha Iving, Efrida Ardelia

Abstract


Perkembangan teknologi internet membawa perubahan pada gaya hidup generasi Z. Berbagai aplikasi tercetus untuk memudahkan penyebaran informasi dan komunikasi. Namun, kemudahan akses dan kebebasan pada negara demokrasi kerap disalahartikan bagi beberapa orang terkhusus para remaja.Perilaku mengedit foto tanpa izin ataupun memberi komentar tidak senonoh mulai dianggap lumrah. Tentu jika hal ini terus-menerus menjadi konsumsi publik, maka penurunan moral dan angka penyimpangan dapat melonjak. Untuk menggali informasi tentang bentuk kejahatan cyber bullying yang dialami oleh korban serta mencegah terjadinya penindasan secara lisan melalui kritik atau komentar di media sosial dilakukan sebuah penelitian. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan menyebarkan kuesioner berupa google formulir yang disebarkan melalui sosial media kepada Generasi Z. Berdasarkan hasil pengambilan data yang dilakukan didapati bahwa sebagian besar Generasi Z mengalami dan melihat adanya cyberbullying itu terjadi. Tidak hanya menimpa diri sendiri, namun beberapa responden mengutarakan lingkungan terdekat yang menjadi korban cyberbullying. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas korban cyberbullying mengalami perubahan psikis dan mentalitas berupa rasa trauma, cemas,sedih, dan kehilangan kepercayaan diri. Bahkan beberapa korban berkeinginan untuk membalas dendam. Beragam upaya dilakukan korban untuk mengatasi tragedi cyberbullying seperti bercerita, intropeksi diri, atau pun meminimalisir angka penggunaan sosial media. Tentunya hal itu memperlihatkan adanya keinginan mengobati luka dan menghukum pelaku cyberbullying.

 

Kata Kunci : Cyberbullying, Sosial Media, Sosialisasi, Generasi Z


References


Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109.

Ayas, T., & HORZUM, M. B. (2011). Exploring the Teachers’ Cyber Bullying Perception in terms of Various Variables. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2).

Beran, T., & Li, Q. (2007). The relationship between cyberbullying and school bullying. The Journal of Student Wellbeing, 1(2), 16–33.

Disa, M. (2011). Faktor-Faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. Paperseminar Dan Workshop APSIFOR Indonesia, Semarang, Indonesia.

Draa, V. B., & Sydney, T. D. (2009). Cyberbullying: Challenges and actions. Journal of Family and Consumer Sciences, 101(4), 40.

Eisenberg, N., & Spinrad, T. L. (2004). Emotion‐related regulation: Sharpening the definition. Child Development, 75(2), 334–339.

Irfan, I. (2015). Perpaduan Elemen-Elemen Desain Pada Karya Desain Poster Mahasiswa (Studi Kasus pada Tugas Poster Mata Kuliah Penulisan Naskah Iklan Dkv Fsd Unm Angkatan 2011). Tanra, 2(02), 54–68.

Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: a critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 140(4), 1073.

Ketua Umum APJII MUHAMMAD ARIF. (n.d.). Ketua Umum.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2006). Bullies Move Beyond the Schoolyard. Youth Violence and Juvenile Justice, 4(2), 148–169. https://doi.org/10.1177/1541204006286288

Priyatna, A. (2013). Lets end bullying. Elex Media Komputindo.

Qomariyah, A. N. (2009). Perilaku penggunaan internet pada kalangan remaja di perkotaan. Universitas Airlangga Surabaya, 6, 55–64.

Safaria, T. (2016). Prevalence and impact of cyberbullying in a sample of indonesian junior high school students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 15(1), 82–91.

Sharma, S., & Sahu, D. (2013). Effect of Social Networking Sites on Academic. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 2(3), 401–

Smith, P. K., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russell, S., & Tippett, N. (2008). Cyberbullying: Its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), 376–385.

Stets, J. E., & Burke, P. J. (2014). Self- esteem and identities. Sociological Perspectives, 57(4), 409–433.

Wahab, R. A. A. (2012). Analisis Akses dan Penggunaan Internet Sebagai Evaluasi Tingkat Literasi Internet Masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 16(1), 49–68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.