UPAYA PENCEGAHAN BULLYING MELALUI MEMBERIKAN SOSIALISASI DAN MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI PADA REMAJA SMPN 264 JAKARTA BARAT

Lailatu Zahro, Anggie Ardani, Afifa Astuti, Syifa Unisa, Agist Azkiyah, Afina Fauziyah, Mila Nurmila, Dwi Septiani, Safinatul Asya, Amalia Maharani

Abstract


Fase remaja merupakan salah satu periode dalam rentang kehidupan siswa. Bullying merupakan salah satu tindakan perilaku agresif yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu terhadap seorang korban yang tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah. Metode penelitian yang kami ambil adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjadikan pribadi siswa yang positif dan juga memberikan pemaparan terkait cara membangun kepercayaan diri pada korban yang mendapat bullying serta pencegahan tindak kekerasan bullying di SMPN 264 Jakarta. Hasil penelitian yang diperoleh oleh tim kami yaitu, tim kami melihat adanya tindak perilaku bullying di sekolah tersebut. Meskipun tindakan ini belum sampai pada level tertinggi hingga memakan korban, hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri mereka yang menjadi rendah. Tim kami pun terus memberikan motivasi kepada para siswa yang mendapat perlakuan bullying serta memberikan gift kepada mereka agar terus semangat karena sudah bertahan sampai sejauh ini. Dari hasil sosialisasi yang didapat sebagian besar siswa sudah memahami dan mengerti apa itu bullying dan seberapa berbahaya bullying tersebut.


Kata Kunci: Bullying, remaja, percaya diri

References


Yuliani, N. (2019). Fenomena kasus bullying di sekolah.

Yuyarti, Y. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1).

Agustin, R. P. (2014). Hubungan antara produktivitas kerja terhadap pengembangan karir pada karyawan PT Bank Mandiri Tarakan. eJournal Psikologi, 02(01), 24 - 40.

Agustin, Vivin Nurul. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning(PBL).Semarang: Journal of Elementary Education , 2 (1), Hlm.34-44

Rahman, A. F. S., Sriwahyuni, W., Hakim, A.R., Azhar, F., Cahyani, M. O., Elyunandri, H. P., ... & Latif, A. (2021). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM- Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2).

Simorangkir, N. R., Menanti, A., & Aziz, A. (2014). Kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 68-76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.