UPAYA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN KERJA PT XYZ

Yulius Ariyasatya, Randy Artawijaya, Diyaul Fidianto, Ruth Paquita, Athena Chan, Alifnur Yohana, Febiola Irawati, Shaufwan Anugrah

Abstract


Karya Ilmiah berjudul Upaya Pencegahan Perundungan di Lingkungan Kerja PT XYZ adalah sebagai  bagian upaya mencegah perundungan yang terjadi di kalangan karyawan sehingga produktivitas karyawan dalam bekerja tetap berjalan dengan maksimal. Tujuan  dari  kegiatan penelitian  ini  adalah  untuk  menerapkan whistleblowing system serta menerapkan strategi manajemen sebagai bagian dari upaya  pencegahan perundungan dilingkungan kerja PT XYZ termasuk strategi dan praktik praktik yang dilakukan oleh PT XYZ dalam rangka mencegah perundungan  kepada  seluruh  karyawannya.  Metode  penelitian  yang  kami lakukan adalah dengan menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui basis kuesioner skala likert dimana skala 1 adalah paling tidak setuju dan skala 5 adalah paling setuju. Selain kuesioner  kami juga melakukan   Teknik  interview   kepada   beberapa   manajemen   dan karyawan  PT  XYZ  serta menentukan lokasi observasi dan jadwal yang telah disepakati.

Hasil yang kami dapatkan dari penelitian ini adalah bahwa upaya pencegahan perundungan di PT XYZ telah diterapkan melalui whistleblowing system serta berbagai strategi manajemen yang dijalankan secara konsisten dan seluruh strategi upaya pencegahan perundungan telah berjalan dengan baik di berbagai lini pekerjaan didalam perusahaan. PT XYZ bahkan mengubah visinya di tahun 2022 dengan memasukkan Karyawan sebagai bagian dari visinya yaitu mensejahterakan karyawan. Kesimpulan kami dari hasil penelitian ini adalah seluruh strategi upaya pencegahan perundungan berjalan dengan baik dan efektif dan terus lanjutkan upaya Tindakan ini di kemudian hari dan diselaraskan dengan proses bisnis yang telah ditetapkan oleh PT XYZ.


Kata Kunci: Upaya, Pencegahan, Perundungan, Lingkungan Kerja



References


Ayagre, P. (2014). The Effectiveness of Internal Control Systems of the Banks: The Case of Ghanaian Banks. The Effectiveness of Internal Control Systems of the Banks: The Case of Ghanaian Banks, 13.

Gary Namie, P. &. (2003). Anti Bullying Advocacy. Anti Bullying Advocacy, 3. https://www.workplacebullying.org/multi/pdf/N-N-2003B.pdf

Gusnardi. (2009). Pengaruh Peran Komite Audit, Pengendalian Internal, Audit Internal dan Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Pencegahan Kecurangan. Pengaruh Peran Komite Audit, Pengendalian Internal, Audit Internal dan Pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan Terhadap Pencegahan Kecurangan, 1-17. https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/view/196

Kesharwani, S. D. (2010). Whistleblowing: A Survey of Literature. Whistleblowing: A Survey of Literature, 1.

Lusiana Putri Rahmadi, S. M. (2022). Perilaku dan Budaya Organisasi. Lombok: Seval Literindo Kreasi.

Mudashiru, A. (2014). Good Corporate Governance & Organisational Performance : An Empirical Analysis. Good Corporate Governance & Organisational Performance : An Empirical Analysis, 9.

Putri, D. I. (2018). Workplace Bullying pada Karyawan Baru. Workplace Bullying pada Karyawan Baru, 1-124.

Sara Branch, J. M. (2012). The Encyclopedia of Human Resources Management: Thematic Essays. Workplace Bullying, 181 -1 93.

Thabit, T. H. (2017). Cihan International Journal of Science. The Effectiveness of COSO Framework to Evaluate Internal Control, 1-11.

Wongso, W. (2014). Perumusan Visi, Misi dan Nilai serta Standarisasi Proses Bisnis pada Perusahaan berbasis keluarga. Perumusan Visi, Misi dan Nilai serta Standarisasi Proses Bisnis pada Perusahaan berbasis keluarga, 1-10. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1665


Refbacks

  • There are currently no refbacks.