HUBUNGAN PERILAKU BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL DAN MORAL DI SMK PELITA JAKARTA
Abstract
Masalah kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjalani pola hidup sehat masih terbilang rendah, pola hidup yang tidak beraturan akan menimbulkan berbagai masalah gangguan kesehatan baru, contohnya adalah gangguan fisik. Apalagi masalah bullying erat kaitannya dengan sekolah. Selama proses belajar tak jarang siswa melakukan interaksi terhadap teman sebayanya. Namun, interaksi yang dilakukan oleh siswa sering berpengaruh terhadap nilai moral yang berlaku di lingkungan masyarakat. Selain sehat fisik dan rohani, kesehatan mental juga perlu diperhatikan, bullying berdampak pada kesehatan mental bagi korban. Perundungan/bullying merupakan tindakan yang dilakukan dengan menyakiti dalam bentuk fisik, emosional psikologis atau verbal oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih unggul terhadap korban yang dilakukan oleh pelaku. Metode pelaksanaan dilaksanakan secara langsung dengan cara mengunjungi SMK Pelita dan memberikan Kuesioner yang akan digunakan kedepannya untuk meriset apakah para siswa siswi SMK Pelita aware terhadap masalah bullying. Penelitian ini diharapkan dapat membantu orang tua, guru, siswa dan semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan di lingkungan sekolah dalam menangani kasus bullying.
References
Alhakim, A., Nurlaily, Meriana, A., Besley, B., Hendy, & Khoesasi, W. (2022). Pengaruh Bullying Dan Hate Speech Terhadap Kesehatan Mental Remaja Di Smk Yehonala. 4(1), 109–114.
Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 16. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150
Faizah, F., & Amna, Z. (2017). bullying dan kesehatan mental pada remaja SMA di Banda Aceh. Maret, 3(1), 77.
Hudi, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku Moral pada Siswa SMP Negeri Kota Pekan Baru Berdasarkan Pendidikan Orangtua. Moral Kemasyarakatan, 2(1), 30–44. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/download/1698/1435/
Mayasari, A., Hadi, S., & Kuswandi, D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 399. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12206
Oktariani, Mirawati, Arbana Syamantha, & Rodia Afriza. (2022). Pemberian Psikoedukasi Dampak Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental Pada Siswa. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 189–194. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.281
Purnaningtias, F., Aika, N., Al farisi, M. S., Sucipto, A., & Putri, Z. M. B. (2020). Analisis Peran Pendidikan Moral Untuk Mengurangi Aksi Bully Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 42–49. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.51
Putra, D. A. (2019). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Keputusan Menjalin Hubungan Pertemanan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Wates. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 344–356.
Rizqi, H. (2019). Dampak Psikologis Bulliying Pada Remaja. Wiraraja Medika, 9(1), 31–34. https://doi.org/10.24929/fik.v9i1.694
Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021, 2(1), 126–144.
Refbacks
- There are currently no refbacks.