ANALISIS ANTAR PELAJAR TERHADAP KASUS BULLYING DALAM DUNIA PENDIDIKAN DAN UPAYA PENCEGAHANNYA

Novelia Anggraeni, Lia Aulia, Ratu Nurzalianty, Abednego Vincent, Ayu Lestari, Raihan Pratama, Siti Anggraeni, Dava Syah, Novianti Paulina, Nur Cahya Salju

Abstract


Berbicara mengenai bullying tentu bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia bahkan bullying dapat dengan mudah ditemukan khusus dikalangan remaja dalam lingkungan sekolah. 

Seiring maraknya bullying yang terus terjadi, kami melakukan riset untuk mencari tahu penyebab terjadinya bullying tersebut, bagaimana lembaga pendidikan mengatasi itu, dan bagaimana penanganan bullying yang terjadi di kalangan lingkungan sekolah. Riset ini kami lakukan di salah satu sekolah di daerah Kabupaten Tangerang dengan metode survei dan wawancara terhadap murid-murid di lokasi tersebut. Selain itu kami menyebar angket (kuisioner) untuk menerima pendapat dari murid-murid yang tidak bersekolah di tempat itu akan tetapi masih dalam kategori remaja-pemuda/i.

Berdasarkan hasil yang kami dapat, banyak siswa/i yang pernah melakukan bully ataupun menjadi korban bully. Banyak siswa/i yang cukup memahami bahwa bully itu bukanlah tindakan yang benar dan ada siswa/i yang membully sesamanya hanya karena iseng (ikut-ikutan) bahkan ada juga yang menganggap bully yang dilakukannya tidak berdampak bagi korban. Namun, apakah bully itu tindakan yang benar? Apakah bully itu berdampak bagi kehidupan seseorang.


Kata Kunci : Pembullyan, Bully,Tindakan diskriminatif, pelajar, sekolah dan dampak bullying


References


CNBC Indonesia. “Memahami Apa Itu Bullying, Penyebab, dan Cara Mengatasinya.” CNBS Indonesia.com, 25 Jul. 2022, https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220722152857-33-357801/memahami-apa-itu-bullying-penyebab-dan-cara-mengatasinya.

Mardiastuti, aditya. “Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya.” Detikjakbar.com, 11 Sep. 2022, https://www.detik.com/jabar/berita/d-6284761/pengertian-bullying-adalah-jenis-penyebab-dan-cara-mengatasinya.

Baskoro, Dino . ”Mengenal 5 Jenis Bullying yang Sering Dialami Anak dan Remaja.” Kompas.com,13 Sep. 2022, https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/13/095851820/mengenal-5-jenis-bullying-yang-sering-dialami-anak-dan-remaja?page=all.

Pramesty Tri. “Sanksi Bagi Pem-Bully di Media Sosial” Hukum Online.com, 10 Jul. 2018,https://www.hukumonline.com/klinik/a/sanksi-bagi-pem-bully-di-media-sosial-lt56d7218a32d8f.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.