PENGARUH BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI SMP KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Bullying atau perilaku perundungan semakin marak terjadi dan hal tersebut saat ini sudah menjadi perhatian banyak orang, mengingat dampaknya yang sangat fatal karena dapat berpengaruh terhadap kepercayaan seseorang. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kejadian dan pengaruh kepercayaan diri remaja yang terjadi kepada korban bullying di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tangerang. Penelitian perundungan ini dilakukan pada kelompok usia remaja, dimana pada masa ini terjadi perkembangan dan perubahan yang sangat pesat dari sisi fisik, psikologis, dan sosial. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 113 siswa. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi dengan Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Teknik Cross Check. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai korelasi (r) 0,84 dengan interpretasi kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan tolak 𝐻0dan terima 𝐻1bahwa ada hubungan positif tinggi dan adanya pengaruh bullying terhadap kepercayaan diri pada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tangerang dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah pada korban bullying.
References
Anna Rozaliyani, B. W. (2019). Bullying (Perundungan) di Lingkungan Pendidikan Kedokteran. 50-60.
Asrullah Syam, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar Mahasiswa . Jurnal Biotek . doi:http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika/v12i2.1745
Fildzah Rudiyah Putri, F. N. (2018). Hubungan pola asuh otoriter terhadap perilaku Perundungan pada remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan. doi:https://doi.org/10.21009/J KKP.052.01
Ihsana Sabriani Borualogo, E. G. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat : Temuan awal Children's Worlds survey di Indonesia. Jurnal Ilmiah Psikologi. doi:10.15575/psy.v6i1.4439
Kalyana Tantri Putri Ayu Wardani, A. A. (2022). Dampak Bullying terhadap Kepercayaan Diri anak. Jurnal Literasi Psikologi, 078-082.doi:https://doi.org/10.366 36/psikodinamika.v2i2.1501
Khoirul Nisa, M. J. (2021). Pengaruh Kepercayaan diri terhadap ketangguhan mental atlet bela diri. Jurnal Penelitian Psikologi. doi:https://ejournal.unesa.ac.i d/index.php/character/article/view/41165
Masturina, D. (n.d.). Pengaruh Kompetensi Diri dan Kepercayaan Diri terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo. doi:https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q
=pengaruh+kompetensi+diri+t erhadap+kepercayaan+diri#d= gs_qabs&t=1673634738023& u=%23p%3D99Sy9BYhtUwJ
Sripurwaningsih, I. M. (2017). Hubungan Perundungan (Bullying) dengan Kepercayaan Diri Siwa kelas X SMA Muhammadiah 1 Karanganyar. Skripsi.
Supriyatno, M. H. (2021). STOP Perundungan/Bullying Yuk! Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wenny Theodore, S. S. (2019). Faktor - faktor perilaku Perundungan pada pelajar usia remaja di Jakarta. Jurnal Psibernetika. doi:http://dx.doi.org/10.30813/psibernetika/v12i2.1745
Yeni Dwi Nurhidayanti, P. N. (2019).
Srategi Coping Stress kejadian bullying ( Perundungan) siswa SMP diwilayah Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat. doi:https://doi.org/10.14710/jk m.v7i4.24440
Refbacks
- There are currently no refbacks.