PENGARUH TINDAK PERUNDUNGAN DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH
Abstract
Motivasi untuk penelitian ini adalah bahwa bullying adalah umum di kalangan anak muda. Penelitian ini berusaha untuk memahami bagaimana bullying mempengaruhi perilaku remaja dan bagaimana sekolah dapat mengatasi efek bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bullying terhadap perilaku korban membuat korban merasa takut dan menarik diri dari lingkungan sosial, berdiam diri dan menjadikan perilaku bullying sebagai motivasi untuk memperbaiki diri. Apa yang dilakukan intimidasi terhadap pelaku intimidasi adalah menanamkan rasa bersalah dan penyesalan pada pelaku intimidasi. Cara sekolah mengatasi dampak bullying di sekolah adalah dengan memberikan bimbingan dan dorongan kepada pelaku bullying dan korban bullying. Hasilnya menunjukkan bahwa kurang dari 50% peserta penelitian sering dan selalu diintimidasi, tetapi semua subjek menunjukkan perilaku intimidasi. Bentuk paling umum dari pelecehan verbal. Faktor keluarga, teman sebaya dan sekolah membentuk perilaku bullying pada anak muda. Meskipun bullying menyumbang persentase kecil, itu juga mempengaruhi kecenderungan remaja untuk menjadi depresi, yang dapat menyebabkan pikiran untuk bunuh diri dan menyakiti diri sendiri.
Kata Kunci: Dampak, Bullying, Perilaku Remaja
References
Harris, S., & Petrie. (2003). Bullying (the bullies, the victims, the bystanders). Oxford: The Scarecrow Press.
Widayanti, C. G. (2010). Fenomena bullying di sekolah dasar negeri di Semarang:Sebuah studi deskriptif. Jurnal Psikologi Undip, 5(2).
Coloroso, Barbara, Penindas, Tertindas dan Penonton (alih Bahasa : Santi Indra Astuti), 2006
Kemdikbud ( 2019, 07 20 ) Stop Perundungan |Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/stop-perundungan/
Penyusunan program sekolah anti perundungan dan tindak kekerasan (2021,0926) https://smknpt.sch.id/2021/09/26/penyusunan-program-sekolah-anti-perundungan-dan-tindak-kekerasan/
Refbacks
- There are currently no refbacks.