PENGARUH BULLYING TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA DI SMAN 4 KABUPATEN TANGERANG

Arif Faturochman, Elisabet Simanungkalit, Firdayanti Juliani, Fitri Hariyani, Ilham Anggoro, Ignasia Solomon, Nurul Rahmawati, Redho Darmawan, Riskita Wardani, Siti Suhaemah, Veren Vilia, Wilda Aisyi, Zefanya Octafiany

Abstract


Bullying merupakan fenomena yang semakin banyak terjadi dengan jumlah kasus yang semakin meningkat setiap tahunnya, ditambah kasus bullying lebih banyak terjadi pada lingkungan sekolah dimana ini sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa sebagai penerus generasi bangsa. Artikel ini dibuat untuk mengetahui pengaruh antara perilaku bullying terhadap kualitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuesioner dan penyampaian materi interaktif pada siswa dan siswi SMA Negeri 4 Kabupaten Tangerang dari jurusan IPA dan IPS yang berjumlah 21 siswa. Dan diperoleh hasil bahwa persentase keterkaitan antara perilaku bullying dengan sangat besar ditunjukkan pada hasil kuesioner dan interaksi pada saat penyampaian materi dari 21 sepakat bahwa perilaku bullying berpengaruh terhadap kualitas belajar siswa.


Kata kunci : Bullying, kualitas belajar, siswa

References


Darmayanti, Kusumasari Kartika Himai., Kurniawati, Farida., Situmorang, Dominikus David Biondi. (2019). Bullying di sekolah : Pengertian, dampak, pembagian, dan cara menanggulanginya. 17(1), 56-57. Diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/13980

Dwipayanti, Ida Ayu Surya., Indrawati, Komang Rahayu. (2014). Hubungan antara tindakan bullying dengan prestasi belajar anak korban bullying pada tingkat sekolah dasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 251-260. Diperoleh dari https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/00d75d2f3e9007056b83ada99c3b1978.pdf

Muslikhah, Indayatus., Mariyati, Mariyati., Widyaningsih, Tri Sakti. (2020). Prestasi belajar siswa korban bullying. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa 2(3), 121-128. Diperoleh dari http://jurnal.rs-amino.jatengprov.go.id/index.php/JIKJ/article/view/22/19

Sani, Bunga Auliya., Riyadi, Arie Rakhmat., Saefudin, Asep. (2019). Perbedaan prestasi belajar siswa antara pelaku dengan korban bullying kelas 5 sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4(3), 66-78. Diperoleh dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22907/11258

Singamurti, Mirrah Megha., Anggraini, Nadia Dian. (2022). Pengaruh bullying terhadap prestasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 7(1), 31-37. Diperoleh dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/16537/8890

Zakiyah, Ela Zain., Fedryansyah, Muhammad., Gutama, Arie Surya. (2018). Dampak bullying pada tugas perkembangan remaja korban bullying. Jurnal Pekerjaan Sosisal, 1(3), 267-269. Diperoleh dari http://jurnal.unpad.ac.id/focus/article/view/20502/9367


Refbacks

  • There are currently no refbacks.