GAMBARAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ERA DIGITAL
Abstract
Pendidikan karakter adalah Pendidikan karakter adalah proses menanamkan prinsip-prinsip moral dan keyakinan agama kepada peserta didik melalui informasi, serta penerapan prinsip-prinsip tersebut pada diri sendiri, keluarga, teman, lingkungan, dan Tuhan Yang Maha Esa. Perkembangan sosial seorang anak telah meningkat ketika mereka mendekati usia sekolah dasar. Seiring bertambahnya usia, ia mulai berinteraksi dengan individu lain di luar keluarga dekatnya. Anak-anak pada usia ini juga akrab dengan fashion digital di rumah, kelompok pertemanan, sekolah, dan lingkungan mereka. Di era digital, ada dampak positif dan negatif. Dalam hal ini, peran orang tua, guru, dan masyarakat adalah mengawasi dan membimbing anak menjadi sebuah pribadi yang berkarakter dengan dilandaskan pendidikan yang kuat bagi anak tersebut.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Anak Sekolah Dasar, Era Digital
References
Hamdani,D.,(2021) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, A., & Daerah Cibiru, K. (2021). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL YANG MEREDUKSI NILAI BUDAYA EDUCATION IN A DIGITAL ERA WHICH REDUCES CULTURAL VALUE 5(1).
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089–3100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.121 8
Afif, N. (1970). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Cahyanti, F. U. (n.d.). Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di zaman serba Digital.
Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., Wiyanto, dan, Xaverius, S., Alam, P., & Sugihan, M. (2019). Pendidikan di era digital. 628–638.
Rahayu, P., Tinggi, S., Islam, A., Ulama, N., & Lampung, K. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. 2, 48–59.
Setiawan, W. (2017). Era digital dan tantangannya. 1–9.
Firdaus, M. F., & Fadhir, M. (2019). Pentingnya pendidikan karkter pendidikan karakter di esa digital u ntuk masa depan. 109–113
Aprileny Hutahaean, L., Pendidikan Ekonomi, P., & Sebelas Maret Surakarta, U. (n.d.). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital.
Murtopo, B. (n.d.). Pendidikan Anak Di Era Digital. 1–14..
Fajriati Fauzi, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK. 4(1), 196–204. https://ranahresearch.com.
Giovanni, F., & Komariah, N. (2019). HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 6 KOTA BOGOR (Vol. 7, Issue 1).
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v18i2.303
Rusmana, D. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 PADA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SMK. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(1), 17.
https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Sabathani, M., Nur Afifah, Y., Kurniawati Fitriana, D., & Aulia Wulan Dewiyanto, S. DAMPAK PERUBAHAN BUDAYA BELAJAR DI ERA DIGITAL, 81-87.
Refbacks
- There are currently no refbacks.