PEMBERDAYAAN APLIKASI KESEHATAN DALAM RANGKA MENGURANGI PENYEBARAN VIRUS COVID-19

Jeferson Siahaan, Fernando Joshua, Nurul Hafid, Rahmat Putra, Hafidz Rachmanto, Ivan Athallah, Andi Dewi, Salsabila Rahma, Rockford Samosir, Dwi Putra

Abstract


Proses penelitian ini mengikuti dari data observasi yang telah dilakukan, yang memperoleh hasil yang didapatkan tentang penyebaran virus covid di lingkungan sekiutar puskesmas kalibanag tengah dan dilingkungan warganya. Untuk mendapatkan hasil dari data observasi maka dilakukan wawancara ke beberapa warga sekitar dan pedagang kaki lima di sekitar puskesmas dengan melakukan pengumpulan data. Tujuan observasi yang dilakukan untuk menghasilkan data dari beberapa narasumber antara lain : (1) mengetahui tentang penyebaran kasus covid di lingkungan masyarakat puskesmas kalibanag tengah, (2) mengetahui pengurangan penyebaran virus covid pada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui data penaikan atau penurunan penyebaran virus covid di lingkungan sekitar puskesmas kaliabang tengah dan warga sekitarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sampai mana penyebaran virus covid yang telah terjadi di lingkungan sekitar puskesmas, dan bagaimana cara warga sekitar untuk mengantisipasi masalah tersebut.


Kata Kunci: virus covid, edukasi kepada warga sekitar

References


Sari GAPLP. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Jurnal Sains & Kesehatan, 2(4), 549-552. 2.

Harahap RJT. (2020). Karakteristik Klinis Penyakit Corona Virus 2019. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 2(3), 318. 3. Sagala SH, Maifita y, Armaita. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Covid-19.

Handayani D, Hadi DR, Isbaniah F, Burhan E, Agustin H. (2020) Corona Virus Disease 2019.

Yanti E, Fridalni N, Harmawati. (2020). Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas santika, 2(1), 36


Refbacks

  • There are currently no refbacks.