KESADARAN PELAJAR BAHWA DIRINYA ADALAH PELAKU PELECEHAN SEKSUAL VERBAL DI DUNIA PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukan “Kesadaran Pelajar Bahwa Dirinya Adalah Pelaku Pelecehan Seksual Verbal Di Dunia Pendidikan” untuk merespon hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) yang bertujuan untuk mengetahui Seberapa jauh pelajar mengetahui tentang (1) pelecehan seksual verbal? (2) Seberapa jauh pengetahuan pelajar tentang bentuk-bentuk pelecehan seksual verbal? (3) Siapa pelaku pelecehan verbal yang paling sering dijumpai di dunia pendidikan? Penelitian ini dilakukan pada SMA dengan jumlah responden 65, penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ingin peneliti ketahui, yaitu: Analisis Rata-rata Pelecehan Seksual Verbal yang Pernah Dilakukan Oleh Responden; Analisis Rata-rata Kesadaran Responden Mengenai Komentar yang tidak Senonoh; Pertanyaan atau Mengintrogasi Tentang Kehidupan Pribadi yang Mengintimidasi dan Rayuan; Bersiul Kepada Orang Asing; Serta Menceritakan Lelucon Jorok atau Kotor Kepada Seseorang adalah Bentuk Pelecehan Seksual Verbal; Analisis Kesadaran Responden Bahwa Laki-laki Juga Bisa Menjadi Korban Pelecehan Seksual Verbal.
References
SAIMIMA, Ika Dewi Sartika, et al. Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Berdasarkan Permendikbud No. 30 tahun 2021 dan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Tahun 2022. Abdi Bhara, 2022, 1.1: 58-65.
SARI, Ratna; NULHAQIM, Soni Akhmad; IRFAN, Maulana. Pelecehan seksual terhadap anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2015, 2.1. 28
Refbacks
- There are currently no refbacks.