KESADARAN PELAJAR BAHWA DIRINYA ADALAH PELAKU PELECEHAN SEKSUAL VERBAL DI DUNIA PENDIDIKAN

Sugeng Baskoro, Alifia Rahmadhaniyah, Nurul Hapsari, Faras Alfadiyah, Meta Zenitia, Fhelisha Patricia, Tari Destiyani, Akhmal Hadi, Sabrina Aulia, Chika Walia, Farida Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukan “Kesadaran Pelajar Bahwa Dirinya Adalah Pelaku Pelecehan Seksual Verbal Di Dunia Pendidikan” untuk merespon hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di Sekolah Tingkat Menengah Atas (SMA) yang bertujuan untuk mengetahui Seberapa jauh pelajar mengetahui tentang (1) pelecehan seksual verbal? (2) Seberapa jauh pengetahuan pelajar tentang bentuk-bentuk pelecehan seksual verbal? (3) Siapa pelaku pelecehan verbal yang paling sering dijumpai di dunia pendidikan? Penelitian ini dilakukan pada SMA dengan jumlah responden 65, penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ingin peneliti ketahui, yaitu: Analisis Rata-rata Pelecehan Seksual Verbal yang Pernah Dilakukan Oleh Responden; Analisis Rata-rata Kesadaran Responden Mengenai Komentar yang tidak Senonoh; Pertanyaan atau Mengintrogasi Tentang Kehidupan Pribadi yang Mengintimidasi dan Rayuan; Bersiul Kepada Orang Asing; Serta Menceritakan Lelucon Jorok atau Kotor Kepada Seseorang adalah Bentuk Pelecehan Seksual Verbal; Analisis Kesadaran Responden Bahwa Laki-laki Juga Bisa Menjadi Korban Pelecehan Seksual Verbal.


Kata Kunci: Kesadaran, Pelajar SMA, Pelecehan Seksual Verbal

References


SAIMIMA, Ika Dewi Sartika, et al. Kekerasan Seksual di Lembaga Pendidikan Berdasarkan Permendikbud No. 30 tahun 2021 dan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Tahun 2022. Abdi Bhara, 2022, 1.1: 58-65.

SARI, Ratna; NULHAQIM, Soni Akhmad; IRFAN, Maulana. Pelecehan seksual terhadap anak. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2015, 2.1. 28


Refbacks

  • There are currently no refbacks.